PROBLEMATIKA MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA JURUSAN PBA DALAM PRAKTIK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MAN YOGYAKARTA I TAHUN AJARAN 2009-2010

SYAMSUL HUDA - NIM. 04420890 , (2011) PROBLEMATIKA MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA JURUSAN PBA DALAM PRAKTIK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MAN YOGYAKARTA I TAHUN AJARAN 2009-2010. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Jurusan PBA dalam praktik pembelajaran bahasa Arab di MAN Yogyakarta 1. Penelitian ini ditujukan kepada mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Jurusan PBA selama pelaksanaan praktik pembelajaran bahasa Arab. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada mahasiswa peserta praktik pembelajaran, Fakultas Tarbiyah sebagai pihak penyelenggara PPL dan sekolah sebagai lembaga yang ditempati untuk melaksanakan PPL II agar indikator-indikator yang menjadi problematika selama kegiatan tersebut berlangsung dapat diperbaiki pada masa yang akan datang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan problematika mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Jurusan PBA dalam praktik pembelajaran bahasa Arab adalah sebagai berikut: 1. Proses pembelajaran bahasa Arab yang dilakukan mahasiswa dikelas X berlangsung dengan aman tertib dan lancar begitu juga yang terjadi dikelas XI. 2. Problematika mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Jurusan PBA dalam praktik pembelajaran Bahasa Arab di MAN Yogyakarta I adalah sebagai berikut ; peserta didik kelas X MAN Yogyakarta I adalah lulusan SMP yang tidak memiliki bekal pengetahuan tentang bahasa Arab sehingga menyulitkan bagi mahasiswa untuk melakukan proses pembelajaran, timbulnya persepsi di kalangan siswa bahwa bahasa Arab sulit untuk dipelajari dan dipahami, siswa belum mampu membaca huruf Arab tanpa disertai harokat, kalaupun mereka mampu membaca mereka belum tentu mengetahui artinya, dalam segi penulisan, siswa belum mampu menulis secara baik dan benar, kurangnya penghormatan atau rasa hormat siswa kepada mahasiswa praktikan selama praktikan melaksanakan praktik pembelajaran, menyepelekan mata pelajaran ketika proses belajar-mengajar, tidur ketika proses kegiatan belajar-mengajar berlangsung, minimnya pengalaman atau jam terbang mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran sehingga mereka belum terbiasa menghadapi masalah-masalah terkait dengan praktik pembelajaran, adanya perbedaan antara lulusan MTs dengan lulusan SMP, antara yang mondok dipesantren dengan yang tidak dalam kemampuan memahami pelajaran bahasa Arab, timbulnya persepsi di kalangan peserta didik bahwa mempelajari bahasa Arab merupakan hal yang sulit. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs. Adzfar Ammar, M.A.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 23:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5429

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum