EVALUASI KURIKULUM PAI DI MTs NEGERI SEYEGAN SLEMAN YOGYAKARTA KELAS VII TAHUN 2009-2010 (Studi Kasus Mata Pelajaran SKI)

ABDUL MUID - NIM. 05470066 , (2011) EVALUASI KURIKULUM PAI DI MTs NEGERI SEYEGAN SLEMAN YOGYAKARTA KELAS VII TAHUN 2009-2010 (Studi Kasus Mata Pelajaran SKI). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana evaluasi kurikulum PAI (Mata pelajaran SKI) kelas VIII di MTs Negeri Seyegan Sleman Yogyakarta yang berkenaan dengan implementasi kurikulum mata pelajaran SKI kelas VIII di MTs Negeri tersebut dan kendala-kendalanya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam perbaikan dan pengembangan dunia pendidikan, sebagai bahan pemikiran dan pertimbangan terutama dalam bidang pengembangan kurikulum untuk meningkatkan kualitas pendidikan khususnya bagi lembaga pendidikan Agama Islam di Madrasah tingkat MTs N dan umumnya pada seluruh lembaga pendidikan sederajat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bersifat deskriptif karena bermaksud menguraikan sesuatu hal menurut apa adanya, dengan menggunakan metode wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi dalam pengumpulan data dengan sumber penelitian di MTs Negeri Seyegan Sleman Yogyakarta. Subyek dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Wakaur kurikulum, dua guru Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas VIII, serta 19 siswa kelas VIII MTs Negeri Seyegan Sleman Yogyakarta. Hasil dari penelitian Skripsi ini adalah: 1. Implementasi kurikulum mata pelajaran SKI kelas VIII di MTs Negeri Seyegan Sleman Yogyakarta mengikuti kurikulum yang diberlakukan pemerintah yaitu KTSP dan direalisdasikan dalam bentuk kegiatan: (a) Pengembangan program yaitu: program tahunan, program semesteran, program mingguan dan harian, program pengayaan dan remedial, penyusunan silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). (b) kegiatan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas VIII mengalami peningkatan dan perubahan sejak diberlakukannya kurikulum KTSP seperti dalam penggunaan metode dan media pembelajaran. Pelaksanaan evaluasi pembelajaran yang dilakukan guru SKI kelas VIII melalui dua bentuk yaitu: evaluasi proses dan evaluasi hasil pembelajaran. 2. kendala-kendala dalam implementasi kurikulum mata pelajaran SKI kelas VIII adalah: (a) Masih terbatasnya media/alat pembelajaran sebagai pendukung proses pembelajaran, (b) Siswa yang cenderung pasif, kecerdasan siswa yang kurang merata, dan siswa yang ramai dan malas ketika mengikuti pelajaran SKI, (c) kemampuan/skill guru yang kurang dalam menggunakan media dan kesulitan mencari bahan ajar sesuai KTSP. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Nurrohmah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Evaluasi , Aktif Learning , motivasi belajar siswa
Depositing User: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5451

Actions (login required)

View Item View Item