NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM FILM KUN FAYAKUN KARYA H. GUNTUR NOVARIS

AJI TRIYANTOPO NIM. 06410057 - (2011) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM FILM KUN FAYAKUN KARYA H. GUNTUR NOVARIS. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM FILM KUN FAYAKUN KARYA H. GUNTUR NOVARIS)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM FILM KUN FAYAKUN KARYA H. GUNTUR NOVARIS)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini bahwa pendidikan nilai keagamaan di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat diperlukan media pembelajaran yang lebih modern, rasional, konfrehensif, mudah ditangkap dan dihayati oleh anak didik. Film selain dijadikan sebagai media hiburan, seharusnya mampu diprioritaskan sebagai media yang efektif dan kreatif dalam menyampaikan pesan-pesan pendidikan. Terutama dalam film yang mengangkat tema keislaman, yang mengandung banyak nilai-nilai pendidikan Islam seperti film Kun Fayakun. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan Islam apa saja yang terkandung dalam film Kun Fayakun karya H. Guntur Novaris dan bagaimana implikasinya terhadap Pendidikan Agama Islam di lingkungan keluarga. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan film Kun Fayakun yang diasumsikan mengandung nilai-nilai pendidikan Islam dan dirasa berimplikasi terhadap realita kehidupan saat ini. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka(library research) dengan mengambil objek film Kun Fayakun. Sasaran penelitiannya adalah seluruh pihak yang terkait atau ikut serta dalam dunia pendidikan. Pendekatan yang digunakan peneliti adalah pendekatan semiotik. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi dan wawancara. Sedangkan analisis data menggunakan analisis isi (content analysis) selanjutnya dari analisis tersebut ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pada dimensi spiritual mengandung nilai pendidikan keimanan, keislaman serta nilai pendidikan untuk mencapai derajat ihsan. Sedangkan pada segi akhlak mulia mengandung nilai pendidikan untuk bersikap jujur, ikhlas, bersyukur, husnudon, qona'ah (menerima apa adanya), bertawakal, memelihara diri dari dosa, raja'(berharap), wira'i, tidak menolak rizqi, segera bertaubat, pemaaf, berbuat baik kepada orang tua, senantiasa menepati janji, dan suka menolong. (2) Pada dimensi budaya terdapat nilai pendidikan untuk memberikan teladan, saling menasihati, patuh kepada suami, memberi manfaat dalam kehidupan bermasyarakat, memulyakan tamu, ta'aruf, dan bertanggung jawab, dan (3) Pada dimensi kecerdasan terdapat nilai pendidikan untuk berfikir cedas, terampil dalam bermuamalah, bertindak disiplin, meningkatkan etos kerja, profesional dalam bekerja, berinovatif, dan nilai pendidikan untuk optimis dalam bersikap. Sedangkan implikasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam film Kun Fayakun terhadap Pendidikan Agama Islam di lingkungan keluarga. Terdapat dalam beberapa aspek pendidikan diantaranya adalah; berimplikasi terhadap pendidikan bagi suami, pendidikan bagi isteri, pendidikan bagi orangtua, dan pendidikan bagi anak. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sabarudin, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Islam , Film Kun Fayakun
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 25 Mar 2024 12:05
Last Modified: 25 Mar 2024 12:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5452

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum