PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP PERAN PERPUSTAKAAN DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN DI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI PONOROGO JAWA TIMUR

ENY SUPRIATI - NIM. 08141069, (2011) PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP PERAN PERPUSTAKAAN DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN DI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI PONOROGO JAWA TIMUR. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pemustaka terhadap peran perpustakaan dalam mendukung pembelajaran di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Ponorogo. Hasil penelitian diharapkan dapat menambah wawasan dalam bidang ilmu perpustakaan, khususnya tentang peran perpustakaan dalam mendukung pembelajaran di perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dengan subyek penelitian pemustaka, yaitu; dosen. Untuk memperoleh data yang valid, penulis menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi, wawancara, angket, dan kajian pustaka. Hasil penelitian pada indikator sumber informasi berada pada kategori baik, yaitu informasi primer (59,2%), informasi sekunder (76,5%), informasi tertier (54,1%).Pada indikator koleksi bahan pustaka berada pada kategori baik, yaitu; relevansi (79,6%), orientasi pada kebutuhan pengguna (55,1%), kelengkapan dan kemutakhiran bahan pustaka (64,3%) dan (50%).Pada indikator kondisi ruangan belajar perpustakaan berada pada kategori baik, yaitu; penataan meja dan kursi balajar (52%), penataan ruang kerja petugas (56,1%), penerangan dan sirkulasi (57,1). Pada indikator jasa pelayanan perpustakaan berada pada kategori baik, yaitu; karyawan yang baik (63,3%), sarana dan prasarana (65,3%), tanggung jawab (64,3%), layanan cepat dan tepat (56,1%), komunikasi yang baik (72,4%), profesionalisme (59,2%), memahami kebutuhan (79,6%), jaminan kepercayaan (53,3%), jaminan kerahasiaan (69,4%). Pada indikator jasa informasi aktif berada pada kategori baik, yaitu; informasi aktif kepada masyarakat pengguna (60,2%). Hasil menunjukkan bahwa mayoritas responden mempersepsikan pada masing-masing indikator penelitian, seperti; sumber informasi perpustakaan, koleksi bahan pustaka, kondisi ruang belajar, jasa pelayanan, serta jasa informasi aktif dalam kategori baik. Saran untuk Perpustakaan STAIN Ponorogo yaitu dapat mempertahankan pengelolaan perpustakaan yang sudah baik, namun perlu ditingkatkan kembali agar peran perpustakaan dalam mendukung pembelajaran mencapai hasil yang maksimal. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Tafrikhuddin, S.Ag., M.Pd,
Uncontrolled Keywords: persepsi pemustaka, peran perpustakaan, pembelajaran)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Last Modified: 04 May 2012 23:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5463

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum