PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA BAGIAN PELAYANAN SIRKULASI DI PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

SITI ULFATUL KHASANAH, NIM. 051400131 (2011) PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA BAGIAN PELAYANAN SIRKULASI DI PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi informasi memacu manusia untuk lebih maju. Perpustakaan merupakan salah satu sarana atau wadah untuk memajukan perkembangan manusia. Oleh karena itu, penelitian di bidang perpustakaan khususnya pada kinerja karyawan sangat diperlukan untuk mengetahui perkembangan manusia dan untuk memajukan perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana persepsi pemustaka terhadap kinerja karyawan pada bagian pelayanan sirkulasi di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian yang dilakukan pada tanggal 16 Februari 2010 sampai 8 maret 2010 ini, merupakan jenis penelitian deskriptif menggunakan pendekatan metode kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian yang meggunakan sampel untuk mendapatkan data kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemustaka yang terdaftar sebagai anggota Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sebanyak 100 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket sebagai instrumen utama dalam penelitian ini. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan rumus persentase dan untuk mengetahui rata-rata persepsi pemustaka menggunakan rumus Aritmatik Mean. Berdasarkan persepsi pemustaka, kinerja karyawan pada bagian pelayanan sirkulasi di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mendapatkan penilaian (3,32). Artinya, pemustaka menyatakan bahwa kinerja karyawan pada bagian pelayanan sirkulasi di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta masuk dalam kategori sedang sudah cukup baik. Namun perlu adanya peningkatan kinerja karyawan mengenai keamanan yang diberikan untuk pemustaka maupun pada bahan koleksi yang ada di perpustakaan. Karyawan perlu untuk mengetahui setiap pemustaka yang masuk dan keluar serta bahan koleksi yang keluar dari perpustakaan. selain itu, karyawan perlu untuk selalu meninjau loker tempat penitipan tas dan jaket para pemustaka agar barang yang dibawa oleh pemustaka lebih terjaga keamanannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Sri Rohyanti Zulaikha, S.Ag., SIP., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pemustaka, Pelayanan Sirkulasi, Kinerja Karyawan, dan Perpustakaan
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Sep 2017 10:47
Last Modified: 08 Sep 2017 11:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5470

Actions (login required)

View Item View Item