UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI BERBASIS KOMPUTER

YULIYANTO - NIM. 05450034, (2011) UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI BERBASIS KOMPUTER. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (774kB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (524kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran menggunakan media animasi berbasis komputer dapat terlaksanan di kelas VIII D MTs Mu'allimin Muhammadiyah, serta mengetahui banyaknya siklus yang dibutuhkan untuk dapat meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman siswa. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui besarnya peningkatan motivasi dan pemahaman siswa pada setiap siklusnya. Peningkatan motivasi belajar dan pemahaman tersebut diupayakan dengan menggunakan media animasi berbasis komputer dengan materi sistem peredaran darah pada manusia dengan file ekstensi *.swf dan *.flv pada proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VIII D MTs Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta tahun ajaran 2009-2010. Data yang dikumpulkan adalah data motivasi belajar dan pemahaman siswa. Data yang didapat dianalisis secara kualitatif deskriptif, kemudian dibandingkan pada setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media animasi dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa. Peningkatan motivasi belajar dapat dilihat dari meningkatnya persentase motivasi belajar siswa dari 49,92 % pada siklus I menjadi 62,5% pada siklus II. Peningkatan pemahaman siswa diketahui dari meningkatnya rata-rata nilai post test yang semula hanya 5,61 pada siklus I, menjadi 6,10 pada siklus II. Pembelajaran menggunakan media animasi berbasis komputer dapat terlaksana di kelas VIIID MTs Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Siklus pembelajaran yang dibutuhkan untuk meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman siswa sebanyak 2 siklus. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs. Sudjoko, M.S.
Uncontrolled Keywords: Animasi, Motivasi, dan Pemahaman
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 24 Jul 2013 13:42
Last Modified: 09 Dec 2016 04:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5490

Actions (login required)

View Item View Item