PENGARUH FULL DAY SCHOOL TERHADAP KECERDASAN SOSIAL ANAK KELAS IV DI SDIT BINA ANAK SHOLEH YOGYAKARTA

DINA ISLAMIKA - NIM. 06470021 , (2011) PENGARUH FULL DAY SCHOOL TERHADAP KECERDASAN SOSIAL ANAK KELAS IV DI SDIT BINA ANAK SHOLEH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH FULL DAY SCHOOL TERHADAP KECERDASAN SOSIAL ANAK KELAS IV DI SDIT BINA ANAK SHOLEH YOGYAKARTA)
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (454kB) | Preview
[img] Text (PENGARUH FULL DAY SCHOOL TERHADAP KECERDASAN SOSIAL ANAK KELAS IV DI SDIT BINA ANAK SHOLEH YOGYAKARTA)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)

Abstract

Dewasa ini muncul sekolah dengan sistem full day school yang marak diterapkan di sekolah-sekolah dasar Islam di Indonesia. Sistem full day school pun kian diminati. Alasan yang biasa muncul adalah karena waktu belajar di sekolah lebih panjang. Konsep ini dianggap mampu mengembangkan kreativitas dan keilmuan anak didik secara lebih tepat, sehingga hal tersebut dapat meningkatkan kecerdasan sosial anak, karena pada kenyataannya aktualisasi kecerdasan sosial anak di negeri ini masih sangat sulit ditemukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pembelajaran full day school, untuk mengetahui tingkat kecerdasan sosial anak dan untuk mengetahui pengaruh full day school terhadap kecerdasan sosial anak kelas IV di SDIT Bina Anak Shaleh Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk penelitian lapangan (Field Research) yang bersifat Deskriptif Kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket, observasi, interview dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan tiga hal: pertama, sistem pembelajaran full day school yang dikembangkan di SDIT Bina Anak Shaleh Yogyakarta memiliki karakteristik pendidikan antara lain Akhlak Aplikatif, Learning by Doing, Habit Forming (Pembiasaan), Life Curriculum dan Leadership Life Skiil. Kedua, tingkat kecerdasan sosial anak SDIT Bina Anak Shaleh Yogyakarta dikategorikan sedang, Hal itu dikarenakan masih nampak perilaku sosial anak kelas IV yang memang dinilai kurang tepat. Ketiga, terdapat korelasi positif yang sangat signifikan antara full day school dan kecerdasan sosial anak. Setelah proses perhitungan dapat diketahui bahwa koefisien korelasinya sebesar 0,972 (rxy = 0,972), dengan taraf signifikansi 1% sebesar 0,418. Karena rxy lebih besar dari pada r tabel, maka hipotesis Nol ditolak. Berarti terdapat korelasi positif yang sangat signifikan antara full day school dan kecerdasan sosial anak. Hal itu karena beberapa faktor yakni kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan anak didik, sarana dan prasarana yang lengkap dan adanya karakteristik pendidikan di sana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: DR.H. Hamruni, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Sosial
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 26 Mar 2013 08:56
Last Modified: 20 Mar 2017 07:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5498

Actions (login required)

View Item View Item