UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN RANAH AFEKTIF PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 4 PURWANEGARA BANJARNEGARA

DWI KUSWIANTO - NIM. 05410042, (2011) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN RANAH AFEKTIF PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 4 PURWANEGARA BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (858kB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa indikator keberhasilan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang baik adalah mencakup 3 ranah yaitu ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Namun kenyataannya, transformasi Pendidikan Agama Islam yang dilaksanakan di SMP Negeri 4 Purwanegara Banjarnegara hanya mencakup ranah kognitif dan psikomotor saja. Hal ini dibuktikan dengan adanya peserta didik yang mampu menguasai materi pembelajaran PAI masih juga berperilaku kurang baik seperti tidak menghormati guru dan sering melakukan pelanggaran. Hal ini juga didukung dengan keadaan lingkungan tempat tinggal peserta didik yang kurang mendukung dalam pembentukan sikap. Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana upaya guru PAI dalam mengembangkan ranah afektif, apa saja permasalahan yang dihadapi, dan apa solusi yang dilakukan guru PAI untuk mengatasi permasalahan dalam mengembangkan ranah afektif peserta didik di SMP Negeri 4 Purwanegara Banjarnegara. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang upaya guru PAI dalam mengembangkan ranah afektif peserta didik dan permasalahan yang dihadapi serta solusi yang dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di SMP Negeri 4 Purwanegara Banjarnegara. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan triangulasi yaitu dengan pengecekan derajat kepercayaan beberapa sumber data dengan metode wawancara, karena dirasa cukup sederhana dan tidak memerlukan waktu terlalu lama. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Upaya yang dilakukan guru PAI untuk mengembangkan ranah afektif peserta didik di SMP Negeri 4 Purwanegara Banjarnegara adalah dengan menjadi teladan yang baik bagi peserta didik dan mengadakan Religious Culture di lingkungan sekolah berupa: Kegiatan Harian meliputi bersalaman pagi, berdo'a bersama sebelum dan sesudah pelajaran, tadarus Al-Quran, shalat dluhur berjama'ah dan shalat dhuha; Kegiatan Mingguan meliputi shalat Jum'at, infaq Jum'at dan ekstrakulikuler keagamaan; dan Kegiatan Tahunan meliputi bakti sosial, pengumpulan dan penyerahan zakat fitrah, pesantren Ramadhan, PHBI, latihan Qurban dan wisata religi. (2) Permasalahan yang dihadapi guru PAI dalam mengembangkan ranah afektif peserta didik di SMP Negeri 4 Purwanegara Banjarnegara yaitu: kurangnya alokasi waktu, kurangnya sarana pendukung pembelajaran, keterbatasan waktu mengontrol peserta didik, metode pembelajaran yang digunakan kurang variatif, seringnya pelanggaran tata tertib sekolah dan lingkungan sekitar kurang mendukung. (3)Solusi yang dilakukan guru PAI dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan penggunaan metode yang tepat, menjalin kerjasama yang baik dengan pihak lain, pemberian nasihat, melakukan pengawasan dan pemberian motivasi. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs.H. Sarjono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 24 Jul 2013 13:01
Last Modified: 20 Mar 2017 07:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5500

Actions (login required)

View Item View Item