PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMP ISLAM PEKALONGAN DI TINJAU DARI TEORI MULTIPLE INTELLIGENCES (Sebuah Studi Kasus)

DWI QORINA - NIM. 05420012 , (2011) PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMP ISLAM PEKALONGAN DI TINJAU DARI TEORI MULTIPLE INTELLIGENCES (Sebuah Studi Kasus). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Dwi Qorina. Pembelajaran Bahasa Arab di SMP Islam Pekalongan Ditinjau dari Teori Multile Intelligences (Studi Kasus di Kelas VII SMP Islam Pekalongan, Kota Pekalongan). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2010. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran bahasa Arab di SMP Islam Pekalongan yang didalamnya tercakup tujuan pembelajaran, guru, materi pembelajaran, metode pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran ditinjau dai teori Multiple Intelligences (Kecerdasan Majemuk). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study approach) dan mengambil subjek penelitian di SMP Islam Pekalongan. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi, dan wawancara dengan guru bahasa Arab kelas VII, dan sebagian siswa/siswi kelas VII SMP Islam Pekalongan. Analisis data dilakukan dengan dengan cara mendeskripsikan, mengklasifiaksi, menganalisis, kemudian menemukan apa yang dianggap penting dari apa yang telah dipelajari serta mengambil keputusan yang kemudian disampaikan. Analisis data dilakukan sejak peneliti di lapangan, sewaktu pengumpulan data, dan setelah semuadata terkumpul atau setelah selesai dari lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tujuan pembelajaran bahasa Arab di SMP Islam Pekalongan ditinjau dari teori Multiple Intelligences sudah melibatkan beberapa jenis kecerdasan, anatara lain kecerdasan linguistic, spasial, musical, logika, dan kinestetik, (2) guru bahasa Arab telah berperan baik sebagai motivator dan fasilitator dan bertindak reatif dalam mengaplikasikan berbagai variasi metode pembelajaran, tetapi guru kurang optimal dalam melakukan eksplorasi bakat, minat, dan kecerdasan siswa, (3)materi-materiyang terkandung dalam mata pelajaran bahasa Arab kelas VII secara substansial bersifat riil dan dekat dengan siswa secara psikologi, dan memuat kecerdasan linguistic, interpersonal, spasial, naturalis, dan logika matematis, (4) media pemeblajaran yang digunakan bervariasi, seperti benda-benda konkret, lagu, dan fim yang mampu merangsang berbagai macam kecerdasan siswa, (5) metode yang diterapkan oleh guru bervariasi mulai dari kerja kelompok, membaca keras, simulasi, jalan-jalan di alam, bernyanyi, dan menonton film sehingga mampu melibatkan berbagai macam jenis kecerdasan siswa, (6) evaluasi yang diterapkan dalam proses pembelajaran bervariasi yaitu tes yang berupa ulangan harian, ujian mid semester, ujian semester, dan ujian akhir seklah; dan ujian non tes yang berupa penilaian sikap dan minat siswa yang kesemuanya melibatkan berbagai jenis kecerdasan siswa. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs.H. Zainal Arifin Ahmad, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Teori Multiple Intelligences , Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 23 Jul 2013 18:20
Last Modified: 05 Apr 2017 14:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5501

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum