IMPLEMENTASI COOPERATIVE LEARNING MODEL JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA POKOK MATERI SEL KELAS XI SMA ISLAM 3 SLEMAN

EKO YULIANTO - NIM. 05450027 , (2011) IMPLEMENTASI COOPERATIVE LEARNING MODEL JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA POKOK MATERI SEL KELAS XI SMA ISLAM 3 SLEMAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI COOPERATIVE LEARNING MODEL JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA POKOK MATERI SEL KELAS XI SMA ISLAM 3 SLEMAN)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (604kB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI COOPERATIVE LEARNING MODEL JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA POKOK MATERI SEL KELAS XI SMA ISLAM 3 SLEMAN)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (688kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model jigsaw dalam proses pembelajaran biologi kelas XI IPA SMA ISLAM 3 Sleman pada materi sel dan jaringan. Siswa yang kurang aktif berpengaruh pada hasil belajar yang kurang. Antara lain dapat dilihat pada nilai ulangan harian dan LKS siswa yang masih kurang. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diadakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran yang dirasa masih kurang, proses pembelajaran ini menggunakan pendekatan kooperatif (Cooperatif Learning) model jigsaw. Dengan pembelajaran yang menggunakan pendekatan kooperatif model jigsaw ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) mengacu pada cooperative learning model jigsaw yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Pada prinsipnya dimaksudkan untuk mengatasi suatu permasalahan atau memperbaiki suatu pembelajaran di dalam kelas. Penelitian tindakan kelas ini mengambil bentuk penelitian tindakan kolaborasi, peneliti berkolaborasi dengan guru mata pelajaran biologi tergabung dalam suatu tim. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif di mana pengambilan data dilakukan secara alami dan data yang diperoleh adalah berupa kata-kata dan gambar. Instrumen yang digunakan antara lain; LKS, lembar observasi, angket, dokumentasi, pretest dan posttest, dan wawancara. Tehnik pengumpulan data antara lain : observasi, perencanaan, tindakan, monitoring, dan refleksi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis data secara deskriptif kualitatif. Dari penelitian ini diperoleh hasil yang menunjukkan peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa khususnya di kelas XI SMA Islam 3 Sleman tahun ajaran 2009/2010. Peningkatan hasil belajar terlihat pada nilai rata-rata post-test pada siklus I yaitu 6,16 meningkat menjadi 7,28 pada siklus II, sehingga effect size yang diperoleh adalah 1,12. Sedangkan Peningkatan motivasi yang diamati melalui lembar angket mengalami peningkatan sebesar 71% pada siklus I menjadi 79,4% pada siklus II. Dengan demikian pembelajaran biologi dengan menggunakan pendekatan kooperatif model jigsaw dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi khususnya di SMA Islam 3 Sleman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs. Paidi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning model Jigsaw
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 12 Feb 2013 17:39
Last Modified: 01 Mar 2016 12:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5504

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum