HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR DALAM BIDANG QUR’AN HADITS SISWA KELAS XI DI MAN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA 2009 / 2010

INTAN MUTMAINAH - NIM. 04471158 , (2011) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR DALAM BIDANG QUR’AN HADITS SISWA KELAS XI DI MAN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA 2009 / 2010. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR DALAM BIDANG QUR’AN HADITS SISWA KELAS XI DI MAN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA 2009 / 2010 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (861kB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR DALAM BIDANG QUR’AN HADITS SISWA KELAS XI DI MAN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA 2009 / 2010 )
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)

Abstract

Prestasi belajar merupakan salah satu dari parameter kualitas pendidikan suatu bangsa. Sementara itu prestasi belajar sendiri dipengaruhi berbagai faktor seperti, lingkungan belajar, karakteristik siswa, latar belakang sosial-ekonomi dan motivasi belajar. Dari semua faktor yang ada, motivasi belajar merupakan faktor yang paling berpengaruh bagi baik-buruknya prestasi belajar. Motivasi belajar tersebut bersifat intrinksik maupun ekstrinsik. Betapapun jeleknya lingkungan belajar, kondisi sosial ekonomi, terbatasnya dana tapi dengan adanya motivasi yang tinggi akan dapat diatasi semua. Sebaliknya, betapapun bagusnya kualitas dana, lingkungan belajar, sosial ekonomi, jika motivasi rendah maka prestasi belajar juga berpotensi rendah. Qur'an Hadits sebagai salah satu mata pelajaran yang dipandang sulit dan membosankan oleh sebagian generasi muda tentu membutuhkan motivasi belajar yang tinggi untuk mendapatkan prestasi belajar yang baik. Oleh karena itu, untuk melakukan usaha-usaha identifikasi faktorfaktor yang mempengaruhi prestasi belajar, salah satunya adalah dengan mengadakan penelitian mengenai pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar Qur'an Hadits . Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji motivasi dan prestasi belajar Qur'an Hadits serta ada tidaknya hubungan antar keduanya. Secara rinci rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana tingkat motivasi belajar dalam bidang Qur'an Hadist siswa kelas XI di MAN Wonokromo Bantul Yogyakarta ?, (2) bagaimana tingkat prestasi belajar siswa kelas XI MAN Wonokromo Bantul Yogyakarta dalam bidang Qur'an Hadits?, (3) apakah terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar dalam bidang Qur'an Hadits siswa kelas XI di MAN Wonokromo Bantul? Rancangan penelitian ini adalah kuantitatif- asosiatif dengan subyek penelitian adalah 100 orang siswa dari kelas XI. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket dan didukung dengan metode observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Motivasi belajar Qur'an Hadits siswa kelas XI MAN Wonokromo Bantul, (2) Prestasi belajar Qur'an Hadits siswa kelas XI MAN Wonokromo Bantul 55% mencapai level sangat baik, (3) Adakah hubungan yang positif , tetapi berintensitas lemah antara motivasi belajar siswa dan prestasi belajar siswa dalam bidang Qur'an Hadits. Hubungan tersebut sebesar 8,8%, artinya 91,2% sisanya prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor- faktor lain diluar motivasi belajar. Berdasarkan pada kesimpulan di atas, disarankan agar pihak lembaga pendidikan melakukan perbaikan pada aspekaspek yang belum maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: DR.H. Muh. Anis, M.A.
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar , Prestasi Belajar
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 12 Feb 2013 09:08
Last Modified: 21 Mar 2017 01:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5525

Actions (login required)

View Item View Item