PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR DALAM PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU DI MTS NEGERI YOGYAKARTA II

IRSAN ABUBAKAR, NIM. 05470032 (2011) PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR DALAM PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU DI MTS NEGERI YOGYAKARTA II. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR DALAM PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU DI MTS NEGERI YOGYAKARTA II)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (660kB) | Preview
[img] Text (PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR DALAM PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU DI MTS NEGERI YOGYAKARTA II)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berangkat dari permasalahan bahwa guru sebagai tenaga kependidikan merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan tercapinya tujuan pendidikan, sebab guru yang langsung bersinggungan dengan peserta didik dalam memberikan bimbingan yang diharapkan akan menghasilkan output berkualitas. Guru merupakan sumber daya manusia yang dituntut profesional dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik sekaligus pembimbing bagi peserta didik di sekolah. Namun demikian, ditemukan kurangnnya kesadaran sebagian guru MTsN Yogyakarta II akan kompleksitas tugas guru yang tidak hanya sebagai pendidik. Oleh karena itu, peran aktif kepala sekolah sebagai motivator diharapkan mampu memperbaiki problematika yang ada. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Peran kepala sekolah sebagai motivator bagi guru MTsN Yogyakarta II; 2) kompetensi guru dan kepala sekolah MTsN Yogyakarta II; 3) kualifikasi guru dan kepala sekolah MTsN Yogyakarta II; dan 4) hasil yang dicapai dari upaya kepala madrasah sebagai motivator bagi guru MTsN Yogyakarta II. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan teori motivasi Maslow sebagai cara yang ditempuh kepala sekolah untuk meningkatkan profesionalisme guru di samping cara-cara yang lain, yang mana motivasi merupakan pendorong bagi seseorang dalam melakukan aktivitas untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Jenis penelitian ini dilakasanakan dalam bentuk penelitian lapangan (field research), yaitu mempelajari secara intensif status dan interaksi di lingkungan madrasah. Adapun selaku subyek penelitian ialah kepala madrasah, guru, dan benda/barang yang ada di MTs Negeri Yogyakrta II. Penelitian ini disusun melalui pendekatan deskriptif analisis terhadap data kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu: wawancara, dokumentasi, analilsis data, kuisioner dan trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) peran kepala madasah dalam meningkatkan profesionalisme guru ditempuh dengan beberapa cara yaitu penyelenggaraan pelatihan, pembinaan perilaku kerja, kesempatan untuk mengembangkan karir, dan sertifikasi. dan 2) implementasi kepala madrasah sebagai motivator bagi guru MTs.N Yogyakarta II telah terlaksana secara optimal yaitu dengan memenuhi kebutuhan fisiologikal, penghargaan, pengaturan lingkungan fisik (keselamatan), pengaturan suasana kerja, kerja sama/berkelompok, dan nilai-nilai spiritual. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs. Misbah Ulmunir, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme Guru
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 22 Jul 2013 11:37
Last Modified: 21 Mar 2017 02:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5526

Actions (login required)

View Item View Item