PENGARUH SUFISME AL-GHAZALI TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM

ISMAIL - NIM. 06470051, (2011) PENGARUH SUFISME AL-GHAZALI TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH SUFISME AL-GHAZALI TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (587kB) | Preview
[img] Text (PENGARUH SUFISME AL-GHAZALI TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)

Abstract

Al-Ghazali dikenal sebagai tokoh pemikir Islam multi disiplin; teologi, filsafat, tasawuf dan sebagainya. Akan tetapi, al-Ghazali lebih dikenal sebagai seorang yang sangat perhatian dalam dunia tasawuf atau lebih memperhatikan dunia tasawuf, sehingga profesinya sebagai ahli pendidikan kurang mendapat perhatian dari para tokoh pendidikan pada umumnya. Ahmad Fuad al-Ehwany misalnya, tokoh pendidikan muslim abad 20, sangat menyesalkan kehadiran al-Ghazali dalam dunia Islam. Penyesalannya itu diungkapkan dalam kata-katanya: Al-Ghazali telah menyembelih dunianya sendiri, seperti seseorang menyembelih ayamnya yang bertelurkan emas. Lebih baik kiranya al-Ghazali tidak muncul di dunia Islam, dan sebaiknya dilahirkan dalam dunia Kristen Katolik, atau dimana saja diluar Islam. Penyesalan ini dengan alasam antara lain, setelah terbitnya karya al-Ghazali, Tahafut al Falasifah, terjadi stagnasi (kemandagan) pemikiran di dalam dunia Islam. Untuk itu, penulis mencoba untuk menggali setitik dari keilmuan beliau yaitu tentang konsep pendidikan Islamnya dilihat dari aspek tasawuf yang oleh beberapa tokoh dikatakan salah satu penyebab kemunduran Islam adalah disebabkan oleh al-Ghazali dengan melakukan stagnasi terhadap para filosof, apakah hal itu benar adanya?. Karenannya, dalam tulisan ini penulis menyusun dua rumusan masalahnya yaitu: Bagaimana konsep pemikiran al-Ghazali tentang pendidikan Islam? Dan Bagaimana kontribusi sufisme al-Ghazali dalam pendidikan Islam?. Dalam hal ini, Jenis penelitian ini menggunakan penelitian library research (kepustakaan) yaitu penelitian yang dilakukan dengan membaca dan menelaah obyek utamanya yaitu karya al-Ghazali tersendiri. Sedangkan pendekatannya menggunakan pendekatan filosofis dan historis, dimana filosofis dipakai untuk merumuskan dengan jelas permasalahan-permasalahan pokok yang mendasar konsep-konsep suatu pemikiran. Selain itu pendekatan filosofis dalam penelitian ini juga dipakai untuk dasar kajian yang mendalam mengenai inti permasalahan yang dihadapi oleh pendidikan Islam, serta mencari solusi atau cara yang tepat untuk menghadapi berbagai masalah tersebut. Sedangkan historis dilakukan untuk pengkajian yang bersifat sejarah. Adapun hasil penelitian ini bahwa konsep pendidikan Islam menurut al-Ghazali secara umum lebih mengedepankan nilai-nilai ukhrawi (akherat) dari pada nilai-nilai diniawi, sehingga dalam aplikasinya ialah menggapai hidayah Allah untuk mencapai kebahagiaan di akherat kelak yang abadi sifatnya. Sedangkan untuk kontribusi sufismenya, pada aspek peserta didik dan pendidik mengutamakan akhlak (adab) dalam berintraksi dan berkomunikasi, sehingga ilmu yang didapatkan tidak terbuang dengan sis-sia. Sedangkan tujuan pendidikan Islam berorientasi pada pencapaian hidayah Allah, Untuk materi pendidikan Islam, ada materi wajib ain dan wajib qifayah, dengan materi wajib ain merupakan jalan untuk mengenal Allah dengan segala aturan-aturannya, sedangkan untuk materi wajib qifayah ialah untuk mempertahankan hidup secara damai (dalam konteks sosial). Sedangkan untuk lingkungan, al-Ghazali menyarankan untuk tinggal di lingkungan yang baik, karena hawatir terbawa arus ke-ingkaran kepada Allah jika ia tinggal di lingkungan yang tidak baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof.DR.H. Maragustam Siregar, M.A.
Uncontrolled Keywords: Sufisme , Al Ghazali , Pendidikan Islam
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 01 Apr 2013 21:45
Last Modified: 21 Mar 2017 09:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5527

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum