PERANAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI PENUNJANG PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SD NEGERI 1 SENTONO KABUPATEN KLATEN

FATIMATU ZAHROH, NIM. 06140031 (2011) PERANAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI PENUNJANG PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SD NEGERI 1 SENTONO KABUPATEN KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERANAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI PENUNJANG PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SD NEGERI 1 SENTONO KABUPATEN KLATEN )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (629kB) | Preview
[img] Text (PERANAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI PENUNJANG PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SD NEGERI 1 SENTONO KABUPATEN KLATEN )
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan Perpustakaan SD Negeri 1 Sentono dalam menunjang proses belajar mengajar. Adapun jenis metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini untuk mendapatkan data yang valid peneliti menggunakan beberapa tehnik pengumpulan data yaitu wawancara semiterstruktur (semistructur interview), Observasi berpartisipasi (participantobservation), dokumentasi, studi pustaka. Semua data kualitatif yang diperoleh akan di analisis melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Dalam penelitian kualitatif ini menggunakan uji kredibilitas data, uji transferability, uji dependability, uji confirmability. Hasil dari penelitian diketauhi bahwa perpustakaan SD Negeri 1 Sentono secara umum mempunyai empat peranan antara lain 1). Pusat proses belajar-mengajar untuk mencapai tujuan pendidikan seperti tercantum dalam kurikulum sekolah, 2). Pusat penelitian sederhana yang memungkinkan para siswa mengembangkan kreativitas dan imajinasinya, 3). Pusat membaca buku-buku yang bersifat rekreatif dan mengisi waktu luang (buku-buku hiburan), 4). Pusat belajar mandiri bagi siswa. Berdasarkan penelitian yang peneliti lakukan untuk peran perpustakaan dalam menunjang kegiatan proses belajar mengajar di SD Negeri 1 Sentono masih belum maksimal, dan di pengaruhi oleh beberapa faktor antara lain: koleksi yang kurang banyak dan untuk pengadaan belum bisa kontinyu. Mengingat perpustakan sekolah sangat berpengaruh terhadap proses kegiatan belajar mengajar, maka diharapkan kepada pihak sekolahan untuk meningkatakan faktor penunjang khususnya koleksi perpustakaan agar proses kegiatan belajar mengajar berjalan lancar dan sesuai dengan yang di inginkan. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Tafrikhuddin, S.Ag.,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan Sekolah, Peranan Perpustakaan
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 22 Jul 2013 16:34
Last Modified: 13 Oct 2015 09:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5528

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum