PEMBINAAN MINAT BACA DI SEKOLAH INKLUSI (STUDI KASUS ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMP N 2 SEWON BANTUL)

FITRI SUKO ASIH ANTORO - NIM. 07140067, (2011) PEMBINAAN MINAT BACA DI SEKOLAH INKLUSI (STUDI KASUS ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMP N 2 SEWON BANTUL). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PEMBINAAN MINAT BACA DI SEKOLAH INKLUSI (STUDI KASUS ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMP N 2 SEWON BANTUL))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (505kB) | Preview
[img] Text (PEMBINAAN MINAT BACA DI SEKOLAH INKLUSI (STUDI KASUS ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMP N 2 SEWON BANTUL))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)

Abstract

Dalam penelitian ini penulis merumuskan tiga pokok masalah, yaitu Bagaimana cara yang dilakukan oleh sekolah inklusi untuk meningkatkan minat baca anak berkebutuhan khusus, Bagaimana peran pustakawan dalam pembinaan minat baca anak berkebutuhan khusus, Apa saja koleksi yang diperlukan dalam upaya peningkatan minat baca disekolah inklusi SMP N 2 Sewon. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui upaya pembinaan minat baca serta koleksi apa yang disediakan oleh perpustakaan untuk meningkatkan minat baca anak berkebutuhan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, untuk metode pengumpulan data dengan metode wawancara, untuk uji keabsahan data dengan teknik triangulais, untuk analisis data dengan analisis data kualitatif model interaktif. Pembinaan minat baca Anak Berkebutuhan Khusus yang dilakukan oleh Sekolah Inklusi dan Perpustakaan SMP N 2 sewon adalah dengan bimbingan langsung baik oleh pustakawan maupun oleh guru pendamping yaitu dengan cara: Anak berkebutuhan khusus diajak keperpustakaan untuk mendengarkan kaset maupun CD dan juga memilih koleksi buku yag berhuruf Braille untuk dibaca. Koleksi bisa bacaan fiksi maupun pelajaran. Disediakan ruangan khusus untuk anak berkebutuhan khusus agar bisa lebih fokus dalam membaca dan juga didampingi oleh guru ABK, sehingga anak bisa bertanya langsung apabila ada kesulitan. Dari hasil penelitian ini diharapkan bahwa dengan pembinaan minat baca ini siswa berkebutuhan khusus bertambah minat bacanya dan bisa berprestasi lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs. Umar Sidik, SIP, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pembinaan Minat Baca, Sekolah Inklusi
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 13 Mar 2013 18:53
Last Modified: 13 Oct 2015 09:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5529

Actions (login required)

View Item View Item