MENYANYI SEBAGAI METODE UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB SANTRIWAN-SANTRIWATI KELAS UMAR BIN KHATAB TPA MASJID PANGERAN DIPONEGORO YOGYAKARTA

Downloads

Downloads per month over past year

SULIH PRASTIYA - NIM. 06420081 , (2011) MENYANYI SEBAGAI METODE UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB SANTRIWAN-SANTRIWATI KELAS UMAR BIN KHATAB TPA MASJID PANGERAN DIPONEGORO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (MENYANYI SEBAGAI METODE UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB SANTRIWAN-SANTRIWATI KELAS UMAR BIN KHATAB TPA MASJID PANGERAN DIPONEGORO YOGYAKARTA)
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (699Kb)
[img] Text (MENYANYI SEBAGAI METODE UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB SANTRIWAN-SANTRIWATI KELAS UMAR BIN KHATAB TPA MASJID PANGERAN DIPONEGORO YOGYAKARTA)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (865Kb)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan ada tidaknya peningkatan kemampuan penguasaan kosa kata bahasa Arab santriwan-santriwati kelas Umar Bin Khatab TPA Masjid Pangeran Diponegoro Yogyakarta. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan baru kepada semua pihak yang berkecimpung pada pembelajaran bahasa Arab pada umumnya dan khususnya TPA Masjid Pangeran Diponegoro sendiri sebagai tempat dilaksanakannya penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom action research yang menggunakan metode menyanyi untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab santriwan-santriwati kelas Umar Bin Khatab TPA Masjid Pangeran Diponegoro. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus; siklus I tentang pakaian dan warna sedangkan siklus II tentang keluarga dan perkenalan. Disetiap masing-masing siklusnya ustadz (peneliti) menyampaikan materi dengan metode menyanyi yang juga dikombinasi dengan strategi active learning lainnya, dengan begitu pembelajaran menjadi menarik dan santripun aktif dalam belajar sehingga santri dapat memahami materi yang disampaikan oleh ustadz (peneliti). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan disetiap siklusnya, yaitu - Santri mampu mengerjakan soal evaluasi dengan baik - Santri menjadi senang dan tertarik untuk belajar bahasa Arab sehingga mereka bersemangat dan tidak takut lagi mengikuti pelajaran bahasa Arab. Santri menjadi mudah menghafal dan memahami kosa kata bahasa Arab baru. Metode menyanyi untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam dalam pembelajaran kosa kata pada peserta didik yang masih dalam usia anak-anak. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nurhadi, M.A.
Uncontrolled Keywords: Penguasaan Kosa Kata , Bahasa Arab , Menyanyi
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 1 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2013 12:49
Last Modified: 19 Feb 2013 12:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5579

Actions (login required)

View Item View Item