PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK-ANAK PRA SEKOLAH DI TKIT BINA ANAK SHOLEH YOGYAKARTA

SITI ROBIATUL ADAWIYAH - NIM. 06470034 , NIM. 06470034 (2011) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK-ANAK PRA SEKOLAH DI TKIT BINA ANAK SHOLEH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK-ANAK PRA SEKOLAH DI TKIT BINA ANAK SHOLEH YOGYAKARTA )
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK-ANAK PRA SEKOLAH DI TKIT BINA ANAK SHOLEH YOGYAKARTA )
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Guru dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak di TKIT Bina Anak Sholeh Yogyakarta dan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang apabila dilihat berdasarkan tempatnya merupakan penelitian lapangan (field research). Sumber data pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, beserta staf dan karyawan, dan anak didik. Pengumpulan data dilakukan dengan metode inteview, observasi, dan dokumentasi, untuk menganalisis data menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan: Pertama, Peran guru dalam meningkatkan kecerdasan emosional yang ada di TKIT Bina Anak Sholeh Yogyakarta, yaitu peran guru dalam meningkatkan kesadaran diri anak, dengan membina, dan memberikan pelatihan, sehingga anak-anak dapat mengendalikan emosinya dengan baik. Peran guru dalam meningkatkan pengaturan diri anak, yaitu dengan cara guru memberikan kreatifitas-kreatifitas pada anak melalui permainan-permainan, karena pada dasarnya permainan tersebut membuat anak menjadi kreatif. Peran Guru dalam meningkatkan emosi anak, yaitu menciptakan suasana ruang kelas yang nyaman, memberikan reward pada anak yang berprestasi. Peran guru dalam meningkatkan empati, guru selalu memberikan nasehat-nasehat pada anak, untuk selalu berbuat baik kepada orang lain dan yang terakhir adalah peran guru dalam ketrampilan sosial anak, yang dilakukan dengan kebiasaan perilaku anak sehari-hari dilingkungan sekolah. Selain itu seorang guru juga membimbing, dan memberikan pengarahan serta memberi suritauladan yang baik pada anak didiknya, sehingga kesan dan pesan yang dilihat dan disampaikan guru dapat dicontoh dan diikuti oleh anak didiknya. Kedua, faktor-faktor pendukung guru dalam meningkatkan kecerdasan emosional anak yaitu lingkungan, komunikasi, dan fasilitas yang memadai. Kemudian faktor-faktor penghambat guru dalam meningkatkan kecerdasan emosional anak di TKIT Bina Anak Sholeh Yogyakarta yaitu ketidakdisiplinan, ketergantungan, dan perilaku asosial. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Dra. Wiji Hidayati, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional , Peran Guru
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 22 Jul 2013 12:40
Last Modified: 22 Mar 2017 03:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5585

Actions (login required)

View Item View Item