PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS EDUTAINMENT (MODEL USTADZ MOHAMAD NUAIM PADA KELAS X DI MAN WONOKROMO PLERET BANTUL)

SIDIQ WAHIDI - NIM. 06420019 , (2011) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS EDUTAINMENT (MODEL USTADZ MOHAMAD NUAIM PADA KELAS X DI MAN WONOKROMO PLERET BANTUL). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS EDUTAINMENT (MODEL USTADZ MOHAMAD NUAIM PADA KELAS X DI MAN WONOKROMO PLERET BANTUL))
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS EDUTAINMENT (MODEL USTADZ MOHAMAD NUAIM PADA KELAS X DI MAN WONOKROMO PLERET BANTUL))
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (613kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Model Pembelajaran Bahasa Arab ustadz Muhamad Nuaim pada Kelas-X di MAN Wonokromo Pleret Bantul yang ditinjau dari nilai-nilai Edutainment yang terdapat didalamnya serta prinsip-prinsip yang ditawarkan dan dipraktekkan ustadz Muhamad Nuaim dalam mengajarkan bahasa Arab-nya. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan baru kepada semua pihak yang berkecimpung dalam dunia pembelajaran khususnya pembelajaran bahasa Arab. Berkaitan dengan judul yang penulis angkat, penulis berharap bisa mengetahui model pembelajaran berbasis edutainment yang tepat dan dapat menumbuhkan rasa senang anak didik terhadap pelajaran serta dapat menambah pengalaman teoritik tentang model pembelajaran yang tepat untuk mengajarkan bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil obyek penelitian MAN Wonokromo Pleret Bantul. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Sedangkan untuk sumber data adalah guru mata pelajaran bahasa Arab (ustadz Muhamad Nuaim) berkaitan dengan model yang beliau terapkan dikelas-X, anak didik kelas-X sebagai responden atau obyek yang merasakan langsung model pengajaran yang ustadz Muhamad Nuaim terapkan, kepala sekolah, staf tata usaha dan karyawan sebagai pendukung dalam keabsahan data. Dengan hal ini penulis menggunakan teknis analisis data dengan tahapan sebagai berikut: pengumpulan data, reduksi data, menarik kesimpulan dan verifikasi, dan terakhir adalah triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran bahasa Arab berbasis edutainment versi ustadz Muhamad Nuaim meliputi 13 prinsip. Adapun 13 prinsip itu adalah sebagai berikut: (1) Guru memunculkan rasa senang anak didik terhadap bahasa Arab sejak dini. (2) Guru menanamkan pola pikir pada anak didik bahwa pelajaran bahasa Arab tidak sulit. (3) Guru menganggap bahwa semua anak didik memiliki pengalaman dan pengetahuan yang sama dalam pelajaran bahasa Arab. (4) Guru menguasai materi. (5) Guru harus memiliki Suara yang keras, jelas dan dapat dipahami. (6) Guru harus berpenampilan menarik (7) Guru harus memiliki kreatifitas mengajar yang tinggi. (8) Mendesign suasana pembelajaran di kelas. (9) Pengoptimalan tempat berlangsungnya proses belajar mengajar. (10) Media pembelajaran yang kreatif. (11) Memasukkan nuansa edutainment dalam materi pelajaran. (12) Model evaluasi bahasa arab yang terarah. (13) Happy Ending. jadi pada intinya secara umum model pembelajaran ustadz Muhamad Nuaim sangat kompleks, pembelajaran yang berbasis edutainment ustadz Muhammad Nuaim sampaikan sejak awal pertemuan pembelajaran sampai pada persiapan-persiapan yang dilakukan pada setiap hal yang berkaitan dengan pembelajaran, mulai dari kelas, langkah-langkah sampai pada penampilan seorang gurupun beliau pikirkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs.H. Zainal Arifin Ahmad, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pembalajaran Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 11 Mar 2013 22:09
Last Modified: 05 Apr 2017 15:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5590

Actions (login required)

View Item View Item