PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE STUDY GROUP DALAM MEWUJUDKAN PEMBELAJAR YANG AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN DI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA

MUHAMMAD ARI WIBOWO - NIM. 04471182 , (2011) PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE STUDY GROUP DALAM MEWUJUDKAN PEMBELAJAR YANG AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN DI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE STUDY GROUP DALAM MEWUJUDKAN PEMBELAJAR YANG AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN DI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (773Kb)
[img] Text (PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE STUDY GROUP DALAM MEWUJUDKAN PEMBELAJAR YANG AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN DI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (298Kb)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa tentang proses belajar mengajar di Pondok Pesantren Fadlun Minalloh dengan menerapkan strategi pembelajaran The Study Group untuk menciptakan suasana yang aktif, kreatif, efektif serta menyenangkan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil sampel santriwan/wati pondok pesantren. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisipasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, untuk mengukur tingkat keberhasilan dari masing-masing kategori aktif, kreatif, efektif serta menyenangkan, penulis menggunakan angket. Dari hasil angket tersebut, kemudian penulis olah dengan cara memberikan nilai dari masing-masing jawaban secara interval. Setelah diberikan nilai, dihitung, maka kemudian dijadikan persen. Dari hasil penelitian ini, nilai persentase rata-rata dari keseluruhan masing-masing indikator, menunjukkan nilai yang sangat baik yaitu 80,60%. Hal ini menunjukkan adanya keberhasilan yang sangat baik dalam proses belajar mengajar dengan menerapkan strategi pembelajaran The Study Group untuk menciptakan suasana belajar mengajar yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan di pondok pesantren Fadlun Minalloh. Walupun dalam pelaksanaannya terdapat berbagai macam kendala, namun tanggapan dari para santri terhadap strategi pembelajaran ini sangat positif. Sehingga, kendala tersebut dapat diatasi oleh para ustadz dan ustadzah PP. Fadlun Minalloh. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan sumber buku karangan Melvin L Silberman (Active Learning), Hamzah B Uno (Model Pembelajaran), Syaiful Bahri Djamarah (Strategi Belajar Mengajar), Radno Harsanto (Pengelolaan Kelas Yang Dinamis) sebagai sumber pokok serta buku-buku yang lainnya sebagai pendukung dalam penulisan skripsi ini. Dari hasil penelitian ini, strategi pembelajaran The Study Group dapat memberikan kontribusi yang baik bagi pemelajar dan pembelajar pondok pesantren Fadlun Minalloh serta dapat dijadikan sebagai acuan untuk mengembangkan strategi-strategi pembelajaran yang lainnya, agar proses belajar mengajar menjadi lebih baik. Karena, proses belajar bukan hanya sebatas transformasi pengetahuan semata. Namun, proses belajar juga harus memperkenalkan kepada peserta didik akan lingkungan sekitar dan juga prilaku. Oleh sebab itu, dalam proses belajar mengajar harus ada strategi yang sesuai untuk mencapai tujuan dari materi tersebut

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof.DR.H. Maragustam, M.A.
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Kependidikan Islam
Depositing User: Users 1 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2013 10:11
Last Modified: 04 Jan 2013 10:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5657

Actions (login required)

View Item View Item