PENERAPAN METODE SOROGAN SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN KURIKULUM DI MTs YAJRI PAYAMAN SECANG MAGELANG

MASRUKAN - NIM. 06410075 , (2011) PENERAPAN METODE SOROGAN SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN KURIKULUM DI MTs YAJRI PAYAMAN SECANG MAGELANG. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE SOROGAN SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN KURIKULUM DI MTs YAJRI PAYAMAN SECANG MAGELANG )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE SOROGAN SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN KURIKULUM DI MTs YAJRI PAYAMAN SECANG MAGELANG )
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (789kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

Teknik Sorogan merupakan salah satu metode pembelajaran yang terdapat dalam lingkungan pesanntren. Fenomena menarik, ketika sebuah madrasah Tsanawiyah dengan pembelajaran formal menggunakan metode sorogan ini dalam kegiatan belajar-mengajarnya. Berdasarkan paparan di atas, peneliti bertujuan mengetahui (1) Bagaimanakah bentuk kurikulum yang berjalan di MTs YAJRI? (2) Bagaimanakah penerapan metode sorogan di MTs YAJRI ? (3) Apakah faktor pendukung dan kendala penerapan metode sorogan di MTs YAJRI? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yakni mengetahui dan memperkenalkan gambaran umum tentang pelaksanaan metode sorogan dalam pembelajaran formal di MTs YAJRI, mengklasifikasikan data, menganalisis serta menafsirkannya. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan studi dokumentasi, observasi langsung dan wawancara. Diantara hasil penelitian yang diperoleh penulis adalah sebagai berikut: Penerapan metode sorogan di MTs YAJRI merupakan hasil perpaduan antara sistem pendidikan pesantren dan madrasah yang menggunakan kurikulum formal. Metode sorogan yang dilaksanakan tidak bersifat kaku sebagaimana yang terjadi di lingkungan pesantren tradisional, melainkan ada beberapa inovasi dan pengembangan untuk mensukseskan proses pembelajaran dan meningkatkan kualitas pendidikan. Beberapa inovasi itu di antaranya; moving class, team teaching, akselerasi pembelajaran, penilaian portofolio dan komputerisasi hasil pembelajaran dalam Program Aplikasi Madrasah (PAM). Inovasi tersebut merupakan respon madrasah dalam menghadapi tantangan global dan jawaban atas rasa tanggung jawab terhadap amanat masyarakat untuk melaksanakan pendidikan dan pembelajaran. Metode sorogan yang diterapkan dengan berbagai inovasinya tersebut dimaksudkan untuk membentuk kultur lembaga pendidikan yang berkualitas dan bermutu. Dengan demikian akan terwujud masyarakat pembelajar (learning society) yang diidamkan. Hasil penelitian yang sederhana diharapkan dapat memberikan sedikit gambaran penggunaan metode sorogan peningkatan pembelajaran di lingkungan madrasah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: DR.Hj. Marhumah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Metode Sorogan , Pengembangan kurikulum
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 02 Jan 2013 15:19
Last Modified: 02 Jan 2013 15:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5661

Actions (login required)

View Item View Item