METODE CARD SORT PADA PEMBELAJARAN FIKIH KELAS VIII MTs N LAB UIN YOGYAKARTA

NOVIDA INDI ASTUTI - NIM. 06410081 , (2011) METODE CARD SORT PADA PEMBELAJARAN FIKIH KELAS VIII MTs N LAB UIN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (METODE CARD SORT PADA PEMBELAJARAN FIKIH KELAS VIII MTs N LAB UIN YOGYAKARTA )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (683kB) | Preview
[img] Text (METODE CARD SORT PADA PEMBELAJARAN FIKIH KELAS VIII MTs N LAB UIN YOGYAKARTA )
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran Fikih dengan metode Card Sort, kelebihan dan kekurangan dari penggunaan metode Card Sort dan mendiskripsikan hasil yang dicapai dengan menggunakan metode Card Sort berdasarkan ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan dalam perbaikan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam khusunya Fikih. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil latar MTsN Lab UIN Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanan pembelajaran Fikih di kelas VIII MTs N Lab UIN Yogyakarta dengan metode Card Sort dilakukan dengan berbagai tahap yaitu tahap persiapan / perencanaan (RPP/yang telah terkonsep dalam RPP), pelaksanaan (pelaksanaan pembelajaran dengan metode Card Sort lengkap dengan langkah-langkah metode Card Sort) dan evaluasi (melalui tugas dan ujian harian). (2) Kelebihan dan kekurangan metode Card Sort. Kelebihan dari metode Card Sort yaitu membuat peserta didik aktif dalam belajar, metode ini membuat peserrta didik dalam belajar membiasakan untuk bekerja sama, merangsang kemampuan berfikir peserta didik. Sedangkan kekurangan dari metode Card Sort dintaranya kelas sulit dikelola, memerlukan waktu banyak dalam penerapanya, suasana kelas gaduh. (3). Hasil yang dicapai berdasarkan ranah kognitif yaitu kemampuan memahami materi, dilihat dari kemampuan menghafal yang meningkat, niai tugas yang meningkat. Hasil berdasarkan ranah afektif yaitu siswa lebih semangat, senang dan antusias belajar dengan metode Card Sort, peserta didik dapat mengambil nilai- nilai dari materi yang dipelajari misalnya kedisplinan,melakukan sesuatu sesuai kemampuan dan lain-lain. Berdasarkan ranah psikomotorik yaitu peserta didik dapat mempraktikkan apa yang telah dipelajari dengan benar/ tepat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: DR.Hj. Marhumah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Metode Card Sort , Pembelajaran Fikih
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 27 Dec 2012 18:38
Last Modified: 27 Dec 2012 18:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5670

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum