TINJAUAN SOSIOLINGUISTIK TENTANG PENGAJARAN KEMAHIRAN BAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF

NURUL HIDAYAH NIM. 06420013 - , (2011) TINJAUAN SOSIOLINGUISTIK TENTANG PENGAJARAN KEMAHIRAN BAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN SOSIOLINGUISTIK TENTANG PENGAJARAN KEMAHIRAN BAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF )
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN SOSIOLINGUISTIK TENTANG PENGAJARAN KEMAHIRAN BAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF )
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (575kB)

Abstract

Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah kenyataan bahwa masih banyak kita temukan orang yang belajar bahasa, tetapi masih sulit mengungkapkannya dalam bentuk komunikasi riil baik komunikasi lisan maupun tulis. Kemudian pada perkembangannya pengajaran bahasa Arab mengalami problematika, hal ini disebabkan perbedaan bahasa Arab dengan bahasa-bahasa asing lainnya, sehingga membutuhkan pendekatan, metode, dan teknik yang tepat dalam mengajarkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengajaran kemahiran bahasa Arab dengan pendekatan komunikatif, dan bagaimana jika ditinjau dari segi sosiolinguistik. Kemudian faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pengajaran bahasa Arab dalam konteks sosial. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research) dan bersifat deskriptif-analitik yang datanya diambil dari hasil penggalian dan penelusuran dari buku-buku dan refrensi-refrensi lain yang relevan dengan tema penelitian. kemudian data tersebut dianalisis dengan metode deduktif dan komparatif. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) Bahwa pendekatan komunikatif dalam pengajaran bahasa Arab adalah pendekatan yang bertujuan mengembangkan kemampuan komunikatif serta prosedur pengajaran keempat ketrampilan berbahasa yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis secara seimbang. (2). Pengajaran kemahiran bahasa dengan pendekatan komunikatif ditinjau dari sosiolinguistik mengandung muatan yang sama yaitu tujuan praktis pengajaran bahasa yang kemudian diterapkan dalam kehidupan riil masyarakat. (3). Salah satu faktor non linguistik yang dapat mempengaruhi pengajaran bahasa Arab dari segi konteks sosial adalah fenomena sosial. Sedangkan konteks sosial itu sendiri terbagi menjadi beberapa hal, yaitu : rumah (tempat tinggal), masyarakat (lingkungan sekitar), sekolah, pertemuan dan kelompok sosial, kelompok masjid, kelompok bermain, dan media massa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Radjasa Mu'tasim, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kemahiran Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 16 Jan 2013 14:13
Last Modified: 05 Apr 2017 07:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5673

Actions (login required)

View Item View Item