PERBEDAAN ASERTIVITAS ANTARA SANTRI YANG MENEMPUH PENDIDIKAN FORMAL DENGAN SANTRI YANG TIDAK MENEMPUH PENDIDIKAN FORMAL

ABIDATUN NAFISAH - NIM. 05710023, (2011) PERBEDAAN ASERTIVITAS ANTARA SANTRI YANG MENEMPUH PENDIDIKAN FORMAL DENGAN SANTRI YANG TIDAK MENEMPUH PENDIDIKAN FORMAL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PERBEDAAN ASERTIVITAS ANTARA SANTRI YANG MENEMPUH PENDIDIKAN FORMAL DENGAN SANTRI YANG TIDAK MENEMPUH PENDIDIKAN FORMAL )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (485kB) | Preview
[img] Text (PERBEDAAN ASERTIVITAS ANTARA SANTRI YANG MENEMPUH PENDIDIKAN FORMAL DENGAN SANTRI YANG TIDAK MENEMPUH PENDIDIKAN FORMAL )
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan asertivitas antara santri yang menempuh pendidikan formal dengan santri yang tidak menempuh pendidikan formal. Hipotesis yang diajukan adalah ada perbedaan asertivitas antara santri yang menempuh pendidikan formal dengan santri yang tidak menempuh pendidikan formal. Asertivitas santri yang menempuh pendidikan formal lebih tinggi dibanding asertivitas santri yang tidak menempuh pendidikan formal. Populasi penelitian ini adalah santri pondok pesantren as Salafiyyah Mlangi, Nogotirto, Gamping, Sleman. Sample penelitiannya adalah santri yang menempuh pendidikan formal dan santri yang tidak menempuh pendidikan formal atau hanya belajar di pesantren saja. Jumlah sample yang diambil adalah 25 santriyang menempuh pendidikan formal dan 25 santri yang tidak menempuh pendidikan formal dengan usia antara 15 sampai 21 tahun. Analisis yang digunakan untuk mengetahui perbedaan ini menggunakan teknik uji beda (t-test). Hasil penelitian menunjukkan: ada perbedaan asertivitas antara santri yang menempuh pendidikan formal dengan santri yang tidak menempuh pendidikan formal, santri yang menempuh pendidikan formal lebih tinggi dari pada santri yang tidak menempuh pendidikan formal. Santri yang menempuh pendidikan formal memiliki mean sebesar 84,5600, sedangkan santri yang tidak menempuh pendidikan formal memiliki rerata sebesar 76,7200. taraf signifikansinya sebesar 0.002 (p 0.01) yang berarti sangat signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Rachmy Diana, S. Psi, M.A,
Uncontrolled Keywords: asertivitas, pendidikan, santri
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2013 15:12
Last Modified: 07 Dec 2015 04:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5687

Actions (login required)

View Item View Item