KONTRIBUSI K.H.A.WAHID HASYIM DALAM PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA

AGUS SULAIMAN - NIM.95412982, (2011) KONTRIBUSI K.H.A.WAHID HASYIM DALAM PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (KONTRIBUSI K.H.A.WAHID HASYIM DALAM PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[img] Text (KONTRIBUSI K.H.A.WAHID HASYIM DALAM PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (874kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

KHA. Wahid Hasyim adalah salah seorang penggagas baru dikalangan umat Islam khususnya dalam pembaharuan pendidikan Islam mdi pesantren Tebuireng. Ia berusaha merombak system pendidikan Islam (pesantren Tebuireng) dengan cara memberikan materi campuran antara ilmu pengetahuan agama Islam dengan ilmu pengetahuan umum. Dalam rangka mensintesiskan system pendidikan tersebut KHA. Wahid Hasyim merupakan seorang tokoh yang moderat, karena pada waktu itu, pendidikan Islam (pesantren) belum ada orang yang berani mengadakan pembaharuan di dunia pesantren dengan cara memasukkan ilmu pengetahuan umum yang berasal dari pemerintah colonial Belanda (Barat). Jenis penelitian ini merupakan studi perpustakaan, dengan sumber penelitiannya dari sumber primer dan sekunder. Langkah penelitian yang ditempuh melalui pengumpulan data, mengklasifikasi data, dan menganalisa data. Dalam menganalisa data menggunakan metode deskriptif, histories, induktif, deduktif, berfikir reflektif dan metode komparasi yang digunakan untuk membandingkan antara system pendidikan pesantren, madrasah, dan system pendidikan Barat. Untuk mengaplikasi gagasan KHA. Wahid Hasyim, KH. Hasyim Asy'ari menyarankan untuk mendirikan madrasah Nidhomiyah, dan untuk memasuki madrasah Nidhomiyah tersebut siswa diwajibkan menyelesaikan dasar-dasar pendidikan Islam untuk memperdalam bahasa Arab. Kurikulum Madrasah Nidhomiyah memberikan pelajaran agama Islam hanya 30% dan pelajaran Umum sebanyak 70%. Sewaktu menjabat sebagai Menteri Agama KHA Wahid Hasyim berhasil mengeluarkan kebijaksanaan, yaitu memberikan mata pelajaran agama di sekolah umum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs. Sangkot Siorait, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: kontribusi, pembaharuan pendidikan Agama Islam, KHA. Wahid Hasyim
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 26 Dec 2012 15:09
Last Modified: 26 Dec 2012 15:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5713

Actions (login required)

View Item View Item