KONSEP ACTIVE LEARNING DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

Downloads

Downloads per month over past year

ALIYATUL BADRIYAH, (2011) KONSEP ACTIVE LEARNING DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (378Kb)
[img] Text
BAB II,III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523Kb)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0b)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0b)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0b)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0b)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0b)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0b)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0b)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0b)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt

Download (0b)

Abstract

ABSTRAK Bahwa proses pendidikan Islam juga menerapkan metode active learning, buktinya bahwa di dalam pendidikan Islam juga melibatkan peran aktif siswa dalam proses belajar mengajar. Metode belajar dengan cara menghafal sudah tidak sesuai untuk diterapkan. Di dalam pendidikan Islam telah memerankan peran aktif siswa, yang membuat siswa berfikir kritis, kreatif, dan mempunyai inisiatif dalam aktivitas belajarnya baik dilingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakatnya. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis, dan jenis penelitiannya adalah penelitian pustaka (library research). Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Metode data yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis, dengan langkah-langkah yang digunakan dalam pengolahan datanya adalah langkah deskriptif, interpretasi, komparasi dan pengambilan kesimpulan. Konsep active learning adalah suatu konsep belajar yang merupakan bentuk pendekatan dalam proses belajar mengajar di mana siswa memiliki keterlibatan baik secara emosional maupun intelektual yang dapat dinyatakan secara fisik dalam proses belajar mengajar . Pendidikan Islam haruslah berorientasi kepada pengenalan diri peserta didik, yang dalam proses pembelajaran sebagai subyek bukan obyek. Beberapa metode active learning yang relevan dengan metode pendidikan Islam yaitu: 1). Metode perdebatan aktif yang dapat direlevansikan dengan metode khiwar (diskusi). 2). Metode belajar terus menerus (keep on learning) dengan metode pembiasaan. 3). Metode melihat pengetahuan siswa dengan metode kisah-kisah. 4). Metode memerankan dengan metode keteladanan. 5). Metode memberi pertanyaan dan memperoleh jawaban dengan metode mudarasah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Hamruni, M.Si.
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, active learning, pendidikan Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Kependidikan Islam
Depositing User: Users 1 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2013 09:14
Last Modified: 25 Jul 2013 09:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5721

Actions (login required)

View Item View Item