METODE PENGAJARAN BAHASA ARAB BAGI ANAK SEKOLAH DASAR (TINJAUAN PSIKOLOGI PERKEMBANGAN)

AMUD - NIM. 97423591, (2011) METODE PENGAJARAN BAHASA ARAB BAGI ANAK SEKOLAH DASAR (TINJAUAN PSIKOLOGI PERKEMBANGAN). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (METODE PENGAJARAN BAHASA ARAB BAGI ANAK SEKOLAH DASAR (TINJAUAN PSIKOLOGI PERKEMBANGAN))
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (386kB) | Preview
[img] Text (METODE PENGAJARAN BAHASA ARAB BAGI ANAK SEKOLAH DASAR (TINJAUAN PSIKOLOGI PERKEMBANGAN))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ketika anak masuk sekolah dasar dalam jiwanya telah membawa bekal rasa keagamaan yang terdapat dalam kepribadian dari orang tuanya dan dari gurunya di Taman Kanak-kanak. Secara psikologis, pendidikan agama harus sudah dimulai sedini-dininya, sejak anak masih kecil. Pendidikan agama menyangkut tiga aspek yaitu aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penelitian ini mencoba membahas dan menentukan metode pengajaran bahasa Arab bagi anak usia Sekolah Dasar yang berdasarkan pada psikologi perkembangan, agar dapat diharapkan metode tersebut dapat merangsang dan mempertinggi daya serap atau motivasi belajar pada akhirnya mempertinggi hasil belajar yang dicapai, khususnya mata pelajaran bahasa arab dan semua mata pelajaran pada umumnya. Penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research), dan sumber data diperoleh dari sumber data primer dan sekunder. Metode analisa data menggunakan metode analisa data kualitatif dengan pola berfikir induktif dan deduktif. Perkembangan berbahasa pada anak adalah perkembangan bahasa yang telah diperoleh anak yang berkaitan dengan fonologi, morfologi, sintaksis, maupun semantic. Sedang sifat berbahasa pada anak terbagi dua yaitu bahasa egosentris dan bahasa social. Mempengaruhi perkembangan bahasa anak adalah faktor fisik, faktor psikis, dan faktor lingkungan. Metode yang tepat dalam mengajarkan bahasa Arab sebagai bahasa asing bagi anak sebenarnya melihat tujuan akhir yang hendak dicapai dari sebuah metode yang diajarkan. Bahasa cenderung lebih bersifat kecakapan, bukan kemampuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Dra. Hj. Susilaningsih, MA.
Uncontrolled Keywords: metode pengajaran bahasa Arab, anak Sekolah Dasar, psikologi perkembangan
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 27 Dec 2012 19:10
Last Modified: 05 Apr 2017 10:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5722

Actions (login required)

View Item View Item