HUBUNGAN POLA PENDIDIKAN DALAM KELUARGA TERHADAP TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI MAN YOGYAKARTA I

ARINA MUSTIKA - NIM.96413297, (2011) HUBUNGAN POLA PENDIDIKAN DALAM KELUARGA TERHADAP TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI MAN YOGYAKARTA I. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN POLA PENDIDIKAN DALAM KELUARGA TERHADAP TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI MAN YOGYAKARTA I )
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (436kB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN POLA PENDIDIKAN DALAM KELUARGA TERHADAP TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI MAN YOGYAKARTA I )
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

Bahwa kecerdasan emosional para siswa MAN Yogyakarta I menjadi perhatian dalam tujuan pendidikan keluarganya. Oleh sebab itu para orang tua dalam proses pendidikan keluarganya sangat memperhatikan aspek kemampuan dalam kecerdasan emosional, missal mengajarkan aspek empati kepada anak-anaknya yang kemudian diterapkan dalam lingkungan keluarga dan masyarakat, dan aspek ini dikembangkan juga oleh anak-anak mereka ketika berada di lingkungan sekolah. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian yang meliputi variable penelitian, penentuan populasi dan sample. Sedang sumber data diperoleh dari Kepala MAN I, siswa-siswi MAN I, Guru-guru, dan orang tua siswa MAN I.Metrode pengumpulan data data yang digunakan adalah metode kuesioner, metode dokumentasi, metode observasi, dan metode interview. Metode analisa data yang digunakan adalah metode analisa kualitatif dengan pola berfikir deduktif, dan induktif, sedang analisa data kuantitatif diwujudkan dalam bentuk angka. Dari ketiga pola pendidikan anak dalam keluarga yaitu pola pendidikan otoriter, demokratis, dan laizes faire, pola pendidikan demokratis merupakan pola pendidikan yang diterapkan oleh sebagian besar orang tua siswa MAN Yogyakarta I.Sebagian besar tingkat kecerdasan emosional siswa adalah cukup baik hal ini dapat dilihat bahwa sebagian besar siswa mempunyai rasa optimisme, percaya diri yang tinggi dan sikap terbuka dalam berkomunikasi menjalin persahabatan antar siswa. Pola pendidikan demokratis yang diterapkan merupakan salah satu aspek yang berperan dalam meningkatkan tingkat kecerdasan emosional anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Tasman Hamami, MA.
Uncontrolled Keywords: pendidikan dalam keluarga, kecerdasan emosional
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 04 Dec 2012 21:04
Last Modified: 04 Dec 2012 21:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5725

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum