EFEKTIVITAS METODE SOROGAN DALAM PENGEMBANGAN KEMAHIRAN MEMBACA LITERATUR BERBAHASA ARAB SANTRI PONDOK PESANTREN AL MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA

FANNI'MAH - NIM. 97423667, (2011) EFEKTIVITAS METODE SOROGAN DALAM PENGEMBANGAN KEMAHIRAN MEMBACA LITERATUR BERBAHASA ARAB SANTRI PONDOK PESANTREN AL MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS METODE SOROGAN DALAM PENGEMBANGAN KEMAHIRAN MEMBACA LITERATUR BERBAHASA ARAB SANTRI PONDOK PESANTREN AL MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA)
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (487kB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS METODE SOROGAN DALAM PENGEMBANGAN KEMAHIRAN MEMBACA LITERATUR BERBAHASA ARAB SANTRI PONDOK PESANTREN AL MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (520kB)

Abstract

Metode sorogan merupakan salah satu metode tradisional dalam pengajaran membaca literature berbahasa Arab yang masih diterapkan sampai saat ini, terutama di pondok pesantren. Metode sorogan masih dipandang sebagai metode yang sangat efektif, karena penerapan metode ini didasarkan pada tujuan pengajaran bahasa Arab yang lebih diorientasikan pada penguasaan bahasa sebagai alat untuk memahami literature Arab. Kultur pondok pesantren dalam metode sorogan ini lebih mengutamakan adanya ikatan emosional yang kuat serta adanya pemantauan yang intensif antara guru dan santri. Sementara disisi lain dipandang sebagai metode kekolotan dan tidak teratur. Dalam metode pengumpulan subyek, digunakan metode sampling untuk memudahkan penelitian. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, metode wawancara (interview, metode dokumentasi, metode angket (questioner), dan metode test. Data yang telah terkumpul akan dianalisa menggunakan analisa data kualitatif dengan teknik berfikir induktif dan deduktif, serta analisa data kuantitatif. Kemampuan santri Pondok Pesantren al-Munawwir Komplek Nurussalam Putri Krapyak Yogyakarta dalam membaca literature berbahasa Arab berpredikat 'baik' dengan skor nilai sebesar 74,15 dan 97% santri dapat memahami literature yang dibaca. Dengan berhasilnya pengajaran tersebut maka dapat dibuktikan bahwa metode sorogan merupakan salah satu metode yang cukup efektif dalam pengembangan kemahiran membaca literature berbahasa Arab. Hal tersebut didasarkan pada 11,8% pernyataan santri bahwa metode sorogan sangat membantu dan 61,8% cukup membantu dalam pengembangan kemahiran membacaca literature berbahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs. Maksudin
Uncontrolled Keywords: efektivitas, metode sorogan, kemahiran, membaca, literature berbahasa Arab, Pondok Pesantren
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 03 Apr 2013 20:27
Last Modified: 05 Apr 2017 14:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5740

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum