TA'LIM AL-QAWAID AN-NAHWIYAH BI AL-KITABAIN MATNI AL-AJRUMIYAH WA NADZMI AL-'IMRITHI

Agung Setiawan, NIM.: 06420037 (2011) TA'LIM AL-QAWAID AN-NAHWIYAH BI AL-KITABAIN MATNI AL-AJRUMIYAH WA NADZMI AL-'IMRITHI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (TA'LIM AL-QAWAID AN-NAHWIYAH BI AL-KITABAIN MATNI AL-AJRUMIYAH WA NADZMI AL-'IMRITHI)
06420037 Bab 1- Penutup.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (TA'LIM AL-QAWAID AN-NAHWIYAH BI AL-KITABAIN MATNI AL-AJRUMIYAH WA NADZMI AL-'IMRITHI)
06420037 Bab II sebelum bab terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persamaan dan perbedaan kandungan materi serta metode pengajaran yang sesuai antara Matan Jurumiyah dan Nadhom Imrithi. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan baru bagi semua pihak yang mempelajari kitab tata bahasa Arab umumnya, dan khususnya bagi mereka yang mulai mengkaji tata bahasa arab dengan menggunakan kitab Matan Jurumiyah dan Nadhom Imrithi. Jenis penelitian ini adalah library research (penelitian kepustakaan), dengan menggunakan dua sumber data, yaitu: kitab Matan Al-Ajurumiyah, Nadzom Al-'Imrithi, buku Ilmu Nahwu Terjemahan Matan Jurumiyah Dan Imrithi karya Muhammad Anwar dan buku Metodologi Pengajaran Bahasa Arab karya Ahmad Fuad Effendi sebagai sumber data primer serta buku Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya karya Prof. Dr. Azhar Arsyad dan karya lain yang relevan dengan pembahasan dalam skripsi ini. Sifat penelitian ini adalah deskriptif-komparatif dengan metode pengolahan data yang digunakan adalah metode deduktif-komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan antara kitab Matan Al-Ajurumiyah dan Nadzom Al-'Imrithi dari segi cakupan materi dan metode pengajarannya adalah masing-masing kitab mencakup materi-materi sebagai berikut: kalam, I'rab, tanda-tanda I'rab, fi'il-fi'il, isim-isim yang dirafa'kan, fa'il, naibul fa'il, mubtada dan khabar, amil-amil yang masuk mubtada dan khabar, na'at, isim ma'rifat, isim nakirah, 'athaf, taukid, badal, isim-isim yang dinasabkan, maf'ul bih, mashdar, zharaf zaman dan zharaf makan, haal, tamyiz, istitsna, laa, munada, maf'ul min 'ajlih, maf'ul ma'ah, isim-isim yang dijarkan. Sedangkan perbedaan yang ada pada kedua kitab dari taksonomi komparatif adalah perbedaan yang merupakan perbedaan mendasar, yaitu: dijumpai beberapa bab dalam nadhom imrithi yang tidak ada pada kitab matan jurumiyah, seperti: bab nakirah dan makrifat, bab I'rob Fiil Mudhori' dan terdapat pendahuluan (muqoddimah) dan penutup (ikhtitam) dalam kitab Nadzom Al-'Imrithi. Adapun metode yang bisa diterapkan yaitu: metode deduktif (at-thariqoh al-qiyasiyah), metode induktif (at-thariqoh al-istiqraiyah) dan metode pembiasaan (at-thariqoh al mu'adalah), dan yang paling sesuai dengan maksud isi kitab adalah metode deduktif (at-thariqoh al-qiyasiyah) yaitu model pengajaran dengan menyajikan hal-hal umum sampai pada yang khusus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Adzfar Ammar, M.A.
Uncontrolled Keywords: Ta'lim Al Qawaid
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 30 Sep 2022 08:39
Last Modified: 30 Sep 2022 08:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5743

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum