EKSPERIMENTASI MEDIA KARTU KUARTET DALAM PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB

HANIEK FARIDA - NIM. 97423730, (2011) EKSPERIMENTASI MEDIA KARTU KUARTET DALAM PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI MEDIA KARTU KUARTET DALAM PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (375kB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI MEDIA KARTU KUARTET DALAM PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB )
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)

Abstract

Dalam proses belajar mengajar media dipergunakan dengan tujuan membantu guru agar proses belajar siswa mudah, lebih efektif dan efisien. Penelitian ini membahas tentang penggunaan kartu kuartet sebagai media pengajaran yang menarik untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab. Diharapkan siswa akan dapat menggunakan kosa kata dan kalimat bahasa Arab melalui media pengajaran tersebut tanpa berfikir bahwa bahasa Arab itu sulit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penentuan subyek melalui penentuan sumber data, populasi dan sample penelitian, dan desain penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara (interview), metode dokumentasi, metode test. Untuk menganalisa data yang diperoleh digunakan metode analisa data kuantitatif dan deskriptif analitik. Metode ekperimen dimaksudkan untuk menyelidiki hubungan sebab akibat dari suatu perlakuan antara satu kelompok dengan yang lain yang kemudian dibandingkan hasilnya. Dari hasil penelitian dan eksperimen yang dilakukan ada perbedaan yang signifikan antara hasil penguasaan kosa kata bahasa Arab pada siswa yang diajar dengan menggunakan media kartu kuartet dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan kartu kartu kuartet. Dari hasil uji t terbukti bahwa t hit atau t o yang diperoleh sebesar 8,979, dan dari df sebesar 82 diperoleh harga t tab pada taraf signifikansi 5% sebesar 1,99 dan t tab pada taraf signifikansi 1% sebesar 2,64. Sehingga harga t hit atau t o yang diperoleh lebih besar dari harga t tab baik pada taraf signifikansi 5% maupun 1% yaitu 1,99 8,979 2,64. Dengan perbedaan ini membuktikan bahwa untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab dibutuhkan media kartu kuartet kosa kata bahasa Arab. Perbedaan hasil signifikan di atas terlihat bahwa hasil belajar kosa kata dengan menggunakan media kartu kuartet lebih efektif dan efisien dengan perbandingan mean sebesar 5,4214 bagi control dan 7,6571 bagi eksperimen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs. M. Jamroh Latief
Uncontrolled Keywords: eksperimentasi, media, kartu kuartet, pembelajaran, kosa kata bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 30 Nov 2012 14:41
Last Modified: 05 Apr 2017 07:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5746

Actions (login required)

View Item View Item