PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI MTS NEGERI TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA

DARFIAH - NIM. 06470052 , (2011) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI MTS NEGERI TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI MTS NEGERI TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA )
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI MTS NEGERI TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA )
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang peran kepala sekolah dalam pelaksanaan manajemen berbasis sekolah di MTs Negeri Tempel, Strategi kepala sekolah MTs Negeri Tempel dalam implementasi Manajemen Berbasis Sekolah serta faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan manajemen berbasis sekolah di MTs Negeri Tempel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Alasan pemilihan ini adalah karena penelitian ini bermaksud untuk mendiskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi saat sekarang. Observasi, interview, dan dokumentasi digunakan untuk mengambil data dari penilitian di lapangan dengan melibatkan kepala madrasah, guru, staf tata usaha dan siswa MTs Negeri Tempel Sleman Yogyakarta. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa: (1) Peran kepala madrasah dalam pelaksanaan manajemen berbasis sekolah mempunyai tugas diantaranya: a) Perencanaan, b) Pengorganisaian, c) pengarahan, d) Pengkoordinasian, e) pengkomunikasian dan f) Pengawasan. (2) Strategi kepala sekolah di MTs Negeri Tempel dalam implementasi manajemen berbasis sekolah adalah: Pertama, mengadakan pembinaan terhadap peserta didik, guru, karyawan secara berkelanjutan. Kedua, mengadakan jam tambahan mata pelajaran tertentu. Ketiga, melengkapi sarana dan prasarana sekolah seperti ruang kelas, Laboratorium Sains, Lab TI (internet). LabBahasa, Ketrampilan. Keempat, melengkapi buku-buku penunjang pembelajaran. Kelima, melengkapi sarana dan prasarana Olah Raga. Keenam, Membentuk kelompok belajar. Ketujuh, mengitensifkan komunikasi dan kerja sama dengan orang tua peserta didik. Delapan, menjalin komunikasi dan kerja sama dengan instasi lain yang berkompeten pada dunia pendidikan. (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan manajemen berbasis sekolah di MTs Negeri Tempel. Faktor pendukungnya adalah: Pertama, kondisi sekolah yang kondusif dan strategis karena tidak jauh dari jalan raya sehingga memudahkan siswa untuk menuju sekolah. Kedua, para guru sudah berkompeten terhadap keilmuannya. Ketiga, hubungan yang harmonis antar personil sekolah. Keempat, hubungan antara warga sekolah maupun dengan orang tua, dan pengurus komite berjalan dengan baik. Kelima, Teknologi informatika yang sudah memadai terbukti adanya internet dan komputer yang cukup di kantor sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah: Pertama, perpustakaan yang kurang memadai dan kurangnya buku-buku bacaan baru sehingga kurangnya daya tarik siswa untuk ke perpustakaan. Kedua, Keterbatasan dana. Ketiga, Input siswa kurang bagus. Keempat, Terdapat 20% dari para orang tua siswa yang acuh terhadap kebijakan sekolah dan juga tehadap kemajuan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: DR. Muhammad Anis, M.A.
Uncontrolled Keywords: Kepala Sekolah , Manajemen Berbasis Sekolah
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 04 Jan 2013 18:08
Last Modified: 20 Mar 2017 14:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5749

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum