HUBUNGAN INTELIGENSI DAN SIKAP TERHADAP PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I MAN YOGYAKARTA III

ETYK NURHAYATI - NIM.98433984 , (2011) HUBUNGAN INTELIGENSI DAN SIKAP TERHADAP PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I MAN YOGYAKARTA III. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN INTELIGENSI DAN SIKAP TERHADAP PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 1 MAN YOGYAKARTA III)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (530kB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN INTELIGENSI DAN SIKAP TERHADAP PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 1 MAN YOGYAKARTA III)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan intelegensi dan sikap terhadap pelajaran matematika dengan prestasi belajar matematika siswa kelas I MAN Yogyakarta III tahun ajaran 2001/2002. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas I sebanyak 216 siswa. Ukuran sampel ditentukan sebesar 50% yaitu sebanyak 108 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random sampling dengan undian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metode angket. Hasil uji coba instrumen angket sikap terhadap pelajaran matematika menunjukkan terdapat 2 item gugur dari 30 item, dengan koefisiensi reliabilitas 0,869. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskripsi, analisis korelasi dan regresi ganda. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa !). Ada hubungan positif yang signifikan antara inteligensi denganprestasi belajar matematika. Hal ini sesuai dengan perhitungan korelasi parsial antara X, dengan Y, jika X2 tetap, diperoleh koefisiensi korelasi sebesar 0,554 dan uji t diperoleh t hit=6,856 t tab=1,659 yang berarti signifikan, 2). ada hubungan positif yang signifikan antara sikap dengan prestasi belajar matematika. Hal ini sesuai dengan perhitungan korelasi parsial antara X2 dengan Y, jika X1 tetap, yaitu dengan koefisien korelasi sebesar 0,513 dan dari uji t diperoleh t hit=6,156 t tab=1,659 yang berarti signifikan, 3). ada hubungan positif yang signifikan antara inteligensi dan sikap terhadap pelajaran matematika secara bersama-sama dengan prestasi belajar matematika. Dari analisis regresi ganda diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,777 dan F hit=80,001 F tab=3,085. Inteligensi dan sikap terhadap pelajaran matematika masing-masing memberikan sumbangan efektif sebesar 28,76% dan 13,62%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs. Edi Prajitno, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: inteligensi, sikap, pelajaran matematika, prestasi belajar
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 25 Mar 2013 14:13
Last Modified: 14 Dec 2016 08:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5751

Actions (login required)

View Item View Item