MASULIYYAATU AL MASHDAR AL SIMA'I FIL WAZNI WAL MA'NA WA THORIQOTU TA' LIMIHI DIROSAH TAHLILIYAH SHARFIYYAH

KHAMIM SURURI - NIM. 06420059 (2011) MASULIYYAATU AL MASHDAR AL SIMA'I FIL WAZNI WAL MA'NA WA THORIQOTU TA' LIMIHI DIROSAH TAHLILIYAH SHARFIYYAH. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (MASULIYYAATU AL MASHDAR AL SIMA'I FIL WAZNI WAL MA'NA WA THORIQOTU TA' LIMIHI DIROSAH TAHLILIYAH SHARFIYYAH)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (MASULIYYAATU AL MASHDAR AL SIMA'I FIL WAZNI WAL MA'NA WA THORIQOTU TA' LIMIHI DIROSAH TAHLILIYAH SHARFIYYAH)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam penelitian ini penulis ingin membahas masalah keSima'ian al-Mashdar al- Tsulatsi al-Mujarrod dan cara pengajarannya.Istilah al-Mashdar bukanlah sesuatu yang asing buat Kita, banyak orang yang hafal bentuk-bentuk al-Mashdar yang telah dirangkum oleh para ahli bahasa dalam sebuah kaedah. Namun dalam kenyataannya ada al-Mashdar yang luput dan keluar dari kaedah. Hal ini disebabkan adanya dua macam al-Mashdar, yaitu al-Mashdar al-Qiyasiy yang mengikuti kaedah dan hukum dan al-Mashdar al-Sima'i yang penggunaannya berdasarkan apa yang didengar dari orang Arab. Jenis yang kedua tersebut hanya terdapat pada Fi'il al-Tsulatsi al-Mujarrod. Meskipun al-Mashdar al-Tsulatsi al-Mujarrod bentuknya sederhana (jarang melebihi lima huruf), namun memiliki keunikan yang berhubungan dengan makna dan Wazn. Contoh yang berkaitan dengan makna dan Wazn berupa adanya mashdar yang sama dalam tulisan namun beda bacaan dan makna, seperti amp;#1575; amp;#1604; amp;#1582; amp;#1614; amp;#1591; amp;#1618; amp;#1576; dan amp;#1575; amp;#1604; amp;#1582; amp;#1616; amp;#1591; amp;#1618; amp;#1576; . Contoh berikutnya mashdar yang sama dalam makna dan tulisan tapi beda dalam bacaan, seperti amp;#1575; amp;#1604; amp;#1571; amp;#1582; amp;#1584; dan amp;#1575; amp;#1604; amp;#1573; amp;#1582; amp;#1584; . Contoh berikutnya mashdar yang sama dalam makna tapi beda dalam Wzan , seperti amp;#1575; amp;#1604; amp;#1601; amp;#1587; amp;#1608; amp;#1583; dan amp;#1575; amp;#1604; amp;#1601; amp;#1587; amp;#1575; amp;#1583; . Dan setiap contoh yang akan Kami paparkan mempunyai Wazn dan arti tersendiri. Berkaitan dalam masalah ini, ternyata masih banyak orang yang kurang teliti dalam membaca jenis Mashdar ini tanpa memperhatikan akibat yang muncul dalam perubahan makna. Dalam skripsi ini juga akan dipaparkan metode pengajaran al-Mashdar al- Tsulatsi yang disesuaikan dengan fase-fase umur anak yang dibagi menjadi; fase dasar, fase pertengahan, dan fase tinggi serta operasional pengajarannya tiap fase. Akhirnya dalam pemaparan singkat di atas, penulis ingin memetakan masalah tersebut dalam sebuah tulisan sehingga menjadi sebuah rambu-rambu yang diharapkan bisa membantu orang mempelajari bahasa arab terutama Mashdar Tsulatsi Mujarrod.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs.H. Syamsudin Asyrofi, M.M.
Uncontrolled Keywords: Mashdar Tsulatsi Mujarrod
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 21 Mar 2024 10:49
Last Modified: 21 Mar 2024 10:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5760

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum