EFEKTIFITAS PROGRAM KELAS INTENSIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) GODEAN TAHUN AKADEMIK 2009 2010

ROMICO PUTRA D NIM. 06420039 -, (2011) EFEKTIFITAS PROGRAM KELAS INTENSIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) GODEAN TAHUN AKADEMIK 2009 2010. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EFEKTIFITAS PROGRAM KELAS INTENSIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) GODEAN TAHUN AKADEMIK 2009 2010)
BAB I, IV,DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIFITAS PROGRAM KELAS INTENSIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) GODEAN TAHUN AKADEMIK 2009 2010)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan program kelas intensif dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Godean, baik itu dalam hal efektifitas proses pembelajaran, sampai kepada efektifitas hasil yang diperoleh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Godean. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tiga cara, yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses observasi peneliti lakukan dengan mengamati proses pembelajaran bahasa Arab yang terjadi di kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Godean. Peneliti mengamati semua aktifitas yang terjadi di dalam kelas secara langsung. Baik itu aktifitas guru maupun aktifitas siswa. Sedangkan untuk data-data tentang pembelajaran yang tidak bisa peneliti dapatkan dengan cara observasi, peneliti menggunakan cara lain yaitu wawancara langsung dengan beberapa informan yang berkompeten dengan data atau informasi yang peneliti butuhkan. Dintara informan yang peneliti wawancarai adalah guru bahasa Arab, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, kepala bagian tata usaha, dan beberapa orang siswa. Untuk data-data yang bersifat dokumen, peneliti menggunakan metode dokumantasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program kelas intensif ini efektif dalam beberapa hal, yaitu (1) pengorganisasian dan manajemen kelas menjadi lebih optimal, (2) suasana kelas menjadi lebih tertib, (3) kebebasan anak dalam belajar menjadi lebih maksimal, (4) perhatian yang diberikan guru kepada siswa menjadi lebih intensif, (5) motivasi siswa dalam belajar bahasa Arab menjadi meningkat, (6) hasil belajar siswa terbukti meningkat dan mengalami perbedaan yang signifikan dengan siswa di kelas biasa atau non intensif. Namun yang kurang efektif adalah pada aspek pengolahan materi pelajaran. Dalam hal ini siswa belum dapat mandiri dalam mengolah materi pelajaran. Guru masih menjadi pemeran tunggal dalam menyampaikan materi kepada siswa. Dengan demikian peneliti merekomendasikan bahwa program kelas intensif ini layak untuk terus dilanjutkan seiring dengan dilakukan pengembangan-pengembangan guna untuk mencapai hasil yang lebih maksimal. Kesimpulan tersebut peneliti tarik dari data-data hasil penelitian yang menunjukkan bahwa proses pembelajaran bahasa Arab di kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Godean dengan menerapkan program kelas intensif ini telah berjalan secara efektif dan sesuai dengan prinsip-psinsip pembelajaran efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs.H. Zainal Arifin Ahmad, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Program Kelas Intensif , Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 30 Nov 2012 10:32
Last Modified: 05 Apr 2017 08:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5764

Actions (login required)

View Item View Item