PELAKSANAAN SUPERVISI DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD MUHAMMADIYAH MIRISEWU LENDAH KULONPROGO YOGYAKARTA

RINA DWI KHOIRONI - NIM. 05470033 , (2011) PELAKSANAAN SUPERVISI DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD MUHAMMADIYAH MIRISEWU LENDAH KULONPROGO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN SUPERVISI DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD MUHAMMADIYAH MIRISEWU LENDAH KULONPROGO YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (951kB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN SUPERVISI DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD MUHAMMADIYAH MIRISEWU LENDAH KULONPROGO YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (866kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang bagaimana Pelaksanaan Supervisi Pendidikan Agama Islam dalam Peningkatkan Mutu PAI dan bagaimana usaha supervisor dalam peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam di SD Muhammadiyah Mirisewu tersebut. Adapun yang menjadi subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Mirisewu, Supervisor atau pengawas Pendidikan Agama Islam, guru Pendidikan Agama Islam dan Siswa di SD Muhammadiyah Mirisewu Lendah Kulonprogo Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang mengunakan pendekatan kualitatif, dengan mengambil latar belakang SD Muhammadiyah Mirisewu Lendah Kulonprogo Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) pelaksanaan supervisi PAI di SD Muhammadiyah Mirisewu Lendah Kulonprogo dilaksanakan oleh supervisor yang telah ditunjuk, yaitu pengawas dari kantor departemen agama Kulonprogo Yogyakarta, kepala sekolah dan guru-guru senior. Proses pelaksanaan dilakukan dalam beberapa tahap atau langkah-langkah yaitu persiapan yang meliputi pengkoordinasian dan penyusunan program supervisi, pelaksanaan supervisi, penilaian atau evaluasi dan tindak lanjut. Pelaksanaan supervisi PAI di SD Muhammadiyah Mirisewu Lendah Kulonprogo Yogyakarta dapat dikatakan telah berjalan dengan baik, dibuktikan dengan guru PAI mendapatkan arahan atau solusi yang lebih jelas ketika mendapatkan kesulitan, mengetahui kelemahan dan kekurangan sehingga memberikan input kedepan, dan pelaksaan pembelajaran PAI telah berjalan dengan baik. (b) pelaksanaan supervisi PAI di SD tersebut termasuk dalam katagori tipe demokratis. Hal ini dibuktikan dengan pelaksaan supervisi yang berjalan secara demokrtais, yaitu: kegiatan supervisi tersebut tidak mengutamakan pada pencarian kesalahan orang lain (guru agama). Teknik-teknik supervisi yang digunakan oleh para supervisor ada dua, yaitu teknik individu dan kelompok. Upaya peningkatan mutu PAI di SD Muhammadiyah Mirisewu dapat dikatakan baik. Dengan meningkatkan semangat belajar agama Islam dengan cara membangkitkan kebutuhan akan belajar agama. Mengembangkan Visi, Misi dan strategi serta program kerja, meningkatkan kemampuan guru seperti mengirim guru untuk mengikuti kegiatan akademik di luar sekolah seperti, mengikuti seminar, diklat, diskusi dan lain-lain, memperluas kepemimpinan partisipatif melalui rapat-rapat, mengembangkan budaya kerja dan mempersiapkan infrastruktur yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs.M. Jamroh Latief, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Supervisi , Mutu Pendidikan Agama Islam
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 02 Jan 2013 19:26
Last Modified: 22 Mar 2017 09:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5765

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum