PROGRAM LIFE SKILL DI SEKOLAH SMPN 4 GAMPING DITINJAU DALAM KERANGKA MANAJEMEN SEKOLAH

KURDIANSYAH - NIM. 0347 0556 , (2011) PROGRAM LIFE SKILL DI SEKOLAH SMPN 4 GAMPING DITINJAU DALAM KERANGKA MANAJEMEN SEKOLAH. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (825kB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (560kB)

Abstract

ABSTRAK Secara sederhana dan umum, makna pendidikan adalah usaha untuk menumbuhkan dan mengembangkan potensi-potensi bawaan, baik jasmani maupun rohani manusia sesuai dengan nilai-nilai yang ada di dalam masyarakat dan suatu kebudayaan. Bagi umat manusia, pendidikan merupakan kebutuhan mutlak yang harus dipenuhi sepanjang hayat. Tanpa pendidikan, mustahil suatu kelompok manusia dapat hidup dan berkembang sejalan dengan aspirasi (cita-cita) untuk maju, sejahtera dan bahagia menurut konsep pandangan hidup mereka. Dengan kata lain, pendidikan adalah sebuah proses kawah candradimuka yang menempa manusia agar siap menjalani kehidupan yang sedang dan akan dijalaninya. Tujuan tersebut kemudian disinergikan kembali melalui kontekstualisasi kebutuhan para peserta didik dan juga tempat di mana proses pendidikan berlangsung. Pendidikan juga harus mampu menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi oleh para peserta didik dan masyarakat di sekitar sekolah. Jadi, sekolah bertindak sebagai problem solver, bukan malah sebaliknya, menjadi trouble maker. Inilah kiranya yang sedang dikembangkan oleh sekolah SMPN 4 Negeri Gamping melalui serangkaian program pendidikan life skill-nya. Sebuah program yang lahir dari kebutuhan dan masalah peserta didik serta masyarakat sekitar (masalah perekonomian para wali murid yang lemah dan kelemahan siswa SMPN 4 Gamping dalam pelajaran formal), dan tujuannya adalah memberikan solusi atas semua masalah tersebut. Dari posisi masalah demikian, skripsi ini bertujuan untuk menjawab tiga rumusan masalah: (1) Bagaimana manajemen sekolah di SMPN 4 Gamping dalam menumbuh kembangkan life skill peserta didik ? (2) Sarana dan prasarana apa saja yang disediakan manajemen sekolah SMPN 4 Gamping dalam menumbuh kembangkan life skill peserta didik? (3) Siapa saja elemen yang dilibatkan dalam menyukseskan program pengembangan life skills? Untuk menjawab pertanyaan penelitian di atas, maka metode skripsi ini ditempuh dengan metode observasi, wawancara, serta dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Kerangka teoretik yang menjadi frame penelitian ini menggunakan teori Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Sedangkan pendekatannya memakai pendekatan manajemen. Dengan demikian, secara keseluruhan, penelitian ini termasuk sebagai jenis penelitian kualitiatif. Kajian skripsi ini membuahkan tiga hasil penelitian yakni: (1) manajemen sekolah SMPN 4 Gamping dalam bidang life skill lebih dilatar belakangi karena kesadaran kondisi peserta didik dan konteks kebutuhan masyarakat sekitar, (2) Sarana dan prasarana penunjang program pendidikan life skill di SMPN 4 Gamping relatif kurang, meskipun proses penambahan dan pengadaan terus berjalan setahap demi setahap, (3) ada lima elemen yang terlibat dalam menyukseskan jalannya program pendidikan life skill di SMPN 4 Gamping yakni (a) Kepala sekolah, (b) Komite sekolah, (c) Dewan guru, (d) Karyawan, dan (e) Peserta didik atau siswa SMP Negeri 4 Gamping itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Muhammad Qowim, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Sekolah , Program Life Skill
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 23 Jul 2013 18:14
Last Modified: 22 Mar 2017 08:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5772

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum