PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SMP NEGERI 5 MAKASSAR

ICHSAN - NIM. 05470078 , (2011) PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SMP NEGERI 5 MAKASSAR. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SMP NEGERI 5 MAKASSAR)
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SMP NEGERI 5 MAKASSAR)
BAB II. III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (668kB)

Abstract

Peneliti membatasi objek masalah pada peran kepala dinas pendidikan kota Makassar, dan yang lebih banyak ditekankan dalam penelitian ini adalah bagaimana membahas penerapan pendidikan multikultural di sekolah. Hal ini karna ketertarikan peneliti terhadap tema ini. Pendidikan multikultural yang masih sebatas wacana dalam literatur dan diskusi, peneliti mencoba untuk menarik kajian ini dalam realita pendidikan di Indonesia atau penerapannya dalam lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis mengenai bagaimana tentang pola dan penerapan serta peran kepala dinas pendidikan kota Makassar dalam pendidikan multikultural di SMP Negeri 5 Makassar. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan bahan pertimbangan dan referensi bagi guru, staf sekolah maupun para pengambil kebijakan guna mewujudkan pendidikan multikultural dalam sebuah lembaga pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan mengambil latar SMP Negeri 5 Makassar sebagai objek penelitian. Pendekatan yang digunakann adalah pendekatan fenomenologi dengan tujuan menyajikan aktivitas siswa kegiatan siswa disekolah secara komprehensif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi lapangan, wawancara dengan pihak terkait, dan pengumpulan data dokumentasi yang menyangkut pendidikan multikultural. Metode analisis data peneliti mengunakan satu metode yaitu teknik analisis induktif, yaitu melakukan pengamatan lapangan dan menganalisa dengan teori-teori yang ada. Hasil penelitian ini adalah (1) kondisi warga SMP Negeri 5 Makassar cukup beragam baik suku maupun agama. (2) peran guru dalam penerapan pendidikan multikultural telah sesuai dengan dengan pendidikan multikultural berdasar dari observasi dan wawancara. (3) peran dinas pendidikan kota Makassar selaku pengambil kebijakan sudah menjalankan tugasnya dilihat dari pemberlakuan rok siswi sampai pelayanan siswa. Dengan demikian nuansa multikultural berjalan dengan semestinya demi tercapainya cita-cita dan tujuan sekolah tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Munawwar Khalil, SS, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan multikultural. Keberagaman dalam berbangsa
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 18 Mar 2013 10:24
Last Modified: 21 Mar 2017 02:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5775

Actions (login required)

View Item View Item