MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PEMBERIAN TUGAS PADA SISWA KELAS IV SD N MEJING I AMBARKETAWANG GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA

DWI SARYANTI - NIM. 07480010-E , (2011) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PEMBERIAN TUGAS PADA SISWA KELAS IV SD N MEJING I AMBARKETAWANG GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PEMBERIAN TUGAS PADA SISWA KELAS IV SD N MEJING I AMBARKETAWANG GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (536kB) | Preview
[img] Text (MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PEMBERIAN TUGAS PADA SISWA KELAS IV SD N MEJING I AMBARKETAWANG GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA )
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi ketika peneliti yang juga sebagai guru melakukan pengamatan pada saat pembelajaran, yaitu masih rendahnya motivasi siswa pada pembelajaran Pendidikan agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mengetahui pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas IV dengan materi pokok Kisah Nabi Ibrahim as dan Kisah Nabi Ismail as melalui pemberian tugas. 2. Meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam dengan pemberian tugas. 3. Mengetahui respon ( tanggapan ) siswa terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan pemberian tugas. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) dengan subyek penelitian siswa kelas IV SD Negeri Mejing I tahun ajaran 2008 / 2009 dengan jumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, tes dan angket. Data yanag diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran materi pokok Kisah Nabi Ibrahim as dan Kisah Nabi Ismail as sudah sesuai dengan rencana yang akan dilaksanakan yaitu pembelajaran dengan pemberian tugas. Hasil tes prestasi belajar secara rata - rata ada peningkatan. Hal ini ditunjukkan nilai rata - rata siswa pada siklus I yaitu 6,6 dan pada siklus II meningkat menjadi 7,5. Dengan adanya peningkatan nilai siswa secara rata-rata tersebut, hal ini berarti bahwa pemberian tugas dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Mejing I.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Ichsan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 27 Dec 2012 18:28
Last Modified: 17 Jan 2017 14:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5785

Actions (login required)

View Item View Item