EKSPERIMENTASI METODE COOPERATIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA KELAS VIII DI MTsN KARANGAWEN DEMAK

LAILA NGIDANA ZULFA - NIM. 06410048 , (2011) EKSPERIMENTASI METODE COOPERATIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA KELAS VIII DI MTsN KARANGAWEN DEMAK. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI METODE COOPERATIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA KELAS VIII DI MTsN KARANGAWEN DEMAK )
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (729kB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI METODE COOPERATIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA KELAS VIII DI MTsN KARANGAWEN DEMAK )
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (445kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa idealnya dalam proses pembelajaran, siswa dituntuk aktif dan berintelegensi tinggi namun tidak individualis, jadi para pendidik hendaknya menggunakan metode yang variatif. Namun dalam pembelajaran SKI pada madrasah-madrasah di Karangawen, khususnya di MTsN Karangawen masih menggunakan metode konvensional jadi terkesan monoton. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang metode Cooperative Learning teknik Jigsaw dalam pembelajaran SKI bagi kelas VIII MTsN Karangawen Demak. Yang menjadi permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana hasil penerapan metode Cooperative Learning teknik Jigsaw dalam pembelajaran SKI pada kelas VIII di MTsN Karangawen,serta bagaimana perbedaaan hasil belajar SKI antara siswa dalam kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Penelitian ini untuk mengungkap ada tidaknya perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah diadakannya treatment. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Karangawen Tahun Ajaran 2009-2010 sebanyak 278 siswa, pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling, untuk menentukan kelompok eksperimen dan kontrol dilakukan dengan teknik undian, sehingga menghasilkan VIII A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas menunjukkan dari 25 butir soal terdapat 23 butir terbukti valid, sedangkan hasil analisis reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0,796 dan dinyatakan reliabel. Analisis data meliputi uji normalitas, uji homoginitas, dan uji beda t. Hasil penelitian menunjukkan 1) Hasil penerapan metode Cooperative Learning teknik Jigsaw dalam pembelajaran SKI pada kelas VIII di MTsN Karangawen lebih meningkatkan keaktifan siswa pada setiap pertemuan. 2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar SKI dengan menggunakan Cooperative Learning teknik Jigsaw pada kelompok eksperimen dan metode konvensional pada kelompok kontrol. Perbedaan ini dapat dilihat dari rata-rata skor peningkatan hasil belajar SKI pada posttest, kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan lebih tinggi yaitu sebesar 6,02, sedangkan kelompok kontrol hanya sebesar 4,36, serta pada rata-rata nilai hasil proses pembelajran pada kelompok eksperimen sebesar 70,67, sedangkan kelompok kontrol hanya 62,38. Hal ini menunjukkan bahwa metode Cooperative Learning teknik Jigsaw lebih efektif untuk pembelajaran SKI materi Dinasti Ayyubiyyah pada kelas VIII di MTsN Karangawen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : DR. Sukiman, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Metode Cooperative Learning Teknik Jigsaw
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 07 Feb 2013 18:13
Last Modified: 07 Feb 2013 18:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5803

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum