IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (INVESTIGASI KELOMPOK) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN KIMIA MATERI POKOK HIDROKARBON DAN MINYAK BUMI KELAS X SEMESTER II DI SMA NEGERI 1 HAURGEULIS KABUPATEN INDRAMAYU

ANI SURYANI - NIM. 06670034, (2011) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (INVESTIGASI KELOMPOK) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN KIMIA MATERI POKOK HIDROKARBON DAN MINYAK BUMI KELAS X SEMESTER II DI SMA NEGERI 1 HAURGEULIS KABUPATEN INDRAMAYU. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text ( IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (INVESTIGASI KELOMPOK) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN KIMIA MATERI POKOK HIDROKARBON DAN MINYAK BUMI KELAS X SEMESTER II DI SMA NEGERI 1 HAURGEULIS KABUPATEN INDRAMAYU)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text ( IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (INVESTIGASI KELOMPOK) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN KIMIA MATERI POKOK HIDROKARBON DAN MINYAK BUMI KELAS X SEMESTER II DI SMA NEGERI 1 HAURGEULIS KABUPATEN INDRAMAYU)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (792kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan kualitas pembelajaran kimia siswa kelas X-A SMAN 1 Haurgeulis Kabupaten Indramayu, dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok. Hasil ini, diharapkan dapat digunakan sebagai bahan kajian dan evaluasi bagi para guru dalam melaksanakan pembelajaran sebagai upaya untuk menciptakan proses perbaikan dalam pembelajaran yang berkesinambungan bagi peningkatan kualitas pembelajaran kimia kelas X-A SMAN 1 Haurgeulis Kabupaten Indramayu. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, aksi(pelaksanaan), observasi dan refleksi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menghitung rerata setiap aspek yang dinilai dan mengkonversikan ke dalam kriteria kualitatif yang diacu. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X-A SMAN 1 Haurgeulis Kabupaten Indramayu yang berjumlah 35 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, ada peningkatan kreativitas berpikir dalam pembelajaran kimia. Kreativitas berpikir siswa terdapat 3 aspek yang memperoleh kriteria baik, yaitu kemandirian, motivasi dan percaya diri, sedangkan 2 aspek lagi memperoleh kriteria cukup yaitu inisiatif dan produk kreativitas. Prestasi belajar siswa berupa rerata nilai tes kognitif mengalami peningkatan pada tiap siklusnya, pada siklus I sebesar 6,96, siklus II sebesar 7,04 dan siklus III sebesar 7,25. secara keseluruhan penelitian ini telah berhasil menunjukkan bahwa telah ada peningkatan kualitas pembelajaran kimia baik itu kreatifitas berpikir maupun prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Liana Aisyah, M.Si,
Uncontrolled Keywords: Kelompok Investigasi, Pembelajaran Kooperatif, Kualitas Pembelajaran, Kimia SMA, Hidrokarbon, Minyak bumi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 14 Feb 2013 08:38
Last Modified: 19 Feb 2016 03:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5814

Actions (login required)

View Item View Item