UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES SISWA KELAS V SDN NOLOBANGSAN YOGYAKARTA

SELITA PUTRI ANGGRAENI - NIM. 06410079 , (2011) UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES SISWA KELAS V SDN NOLOBANGSAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Latar belakang masalah penelitian ini adalah strategi pembelajaran PAI kelas V SDN Nolobangsan yang masih menggunakan strategi konvensional yang hanya menekankan pada kemampuan kognitif tanpa sentuhan kreasi dan motivasi setiap harinya sehingga menimbulkan kebosanan pada siswa. Akibatnya motivasi belajar siswa rendah. Untuk memperbaiki keadaan tersebut peneliti bersama guru mencoba strategi berbasis multiple intelligences di mana guru dituntut untuk menyesuaikan pembelajaran dengan perbedaan karakteristik peserta didik yang beragam. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan mengetahui motivasi belajar pendidikan agama islam dalam menggunakan strategi pembelajaran berbasis multiple intelegences siswa kelas V SDN Nolobangsan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif antara guru dengan peneliti. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas V yang berjumlah 17 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kualiatatif dan analisis kuantitatif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan: (1) Motivasi belajar PAI siswa kelas V sebelum diterapkan strategi pembelajaran berbasis multiple intelligences tergolong rendah yaitu 44.71%. (2) Motivasi belajar PAI kelas V setelah diterapkan strategi pembelajaran berbasis multiple intelligences meningkat, hal itu ditunjukan dari hasil observasi dimana pada siklus I 80.10% dan siklus II 92.80% serta hasil wawancara yang dilakukan dengan siswa dan guru pada siklus I dan siklus II menunjukan peningkatan motivasi belajar. (3) Berdasarkan dari tindakan yang telah dilakukan pada siklus I dan siklus II, motivasi belajar siswa kelas V pada pembelajaran PAI mengalami peningkatan yang signifikan. Hal itu dapat dilihat dari rata-rata persentase pra tindakan yaitu 44.71% mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 80.10%, naik sebesar 35.39%. Kemudian pada siklus I rata-rata persentase 80.10% dan siklus II 92.80% mengalami peningkatan sebesar 12.70%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Sabarudin, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 23:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5817

Actions (login required)

View Item View Item