EFEKTIVITAS MOVING CLASS DALAM PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SMA PIRI 1 YOGYAKARTA

ASRIYADIN - NIM. 05460011, (2011) EFEKTIVITAS MOVING CLASS DALAM PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SMA PIRI 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MOVING CLASS DALAM PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SMA PIRI 1 YOGYAKARTA)
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (465kB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MOVING CLASS DALAM PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SMA PIRI 1 YOGYAKARTA)
BAB II,III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar fisika dengan menerapkan sistem moving class pada proses pembelajaran fisika pada materi pokok suhu dan kalor. Pelaksanaan pembelajaran fisika dengan menerapkan sistem moving class diharapkan dapat diketahui perbedaan prestasi belajar fisika siswa berdasarkan nilai postes kelompok kontrol dan eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen (experimental research) dengan bentuk pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA PIRI 1 Yogyakarta tahun pelajaran 2010/2011. Sampel penelitian ini terdiri atas dua kelas yaitu kelas X.A dan kelas X.B, dimana kelas X.A sebagai kelas kontrol dan kelas X.B sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpul data adalah lembar observasi, lembar angket/kuesioner, dan lembar tes yaitu pretes dan postes. Analisis data yang digunakan adalah analisis kovarians (anakova). Data yang digunakan untuk anakova adalah hasil dari tes siswa. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai Fhitung sebesar 5,11 lebih besar dari Ftabel senilai 4,06 dengan taraf signifikan 5%. Pembelajaran dengan menerapkan sistem moving class juga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini terlihat dari angket motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan sistem moving class sebesar 68,48 % dan 8,09%. Jadi kenaikan rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 15,61%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Winarti, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Moving class, Motivasi, Prestasi.
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 06 Feb 2013 11:33
Last Modified: 08 Dec 2016 06:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5830

Actions (login required)

View Item View Item