PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM POSING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM-GAMETOURNAMENT (TGT) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN (Penelitian Eksperimen Pokok Bahasan Prisma dan Limas)

BUDI SUGANDI - NIM. 06600028, (2011) PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM POSING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM-GAMETOURNAMENT (TGT) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN (Penelitian Eksperimen Pokok Bahasan Prisma dan Limas). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM POSING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM-GAMETOURNAMENT (TGT) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN (Penelitian Eksperimen Pokok Bahasan Prisma dan Limas))
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM POSING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM-GAMETOURNAMENT (TGT) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN (Penelitian Eksperimen Pokok Bahasan Prisma dan Limas))
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)

Abstract

Pendekatan Problem Posing dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game-Tournament (TGT) menjadi salah satu alternatif pendekatan dan model pembelajaran matematika. Melihat kondisi pembelajaran matematika pokok bahasan prisma dan limas SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman diusulkan dalam penelitian ini diterapkan Pendekatan Problem Posing dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team-Game-Tournament (TGT). Tujuan penelitian ini adalah (1) menelaah peningkatkan hasil belajar matematika secara signifikan pembelajaran yang menerapkan pendekatan dan model tersebut di atas, (2) Menelaah perbedaan yang signifikan pada hasil belajar matematika antara pembelajaran yang menerapkan pendekatan dan model tersebut dibanding pembelajaran yang menerapkan pendekatan problem posing dengan metode konvensional Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman, tahun ajaran 2009/2010 sebanyak 148 siswa yang terbagi dalam 4 kelas dengan rataan 37 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu VIII-C sebagai kelas kontrol dan VIII-D sebagai kelas eksperimen. Variabel bebas adalah pendekatan problem posing dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan variabel terikat adalah hasil belajar matematika siswa. Teknik pengumpulan data meliputi pemberian pretest untuk mengetahui kondisi awal siswa dan pemberian posttest untuk mengetahui hasil belajar siswa. Data yang diperoleh dideskriptifkan dan diolah dengan hasil analisis uji t dua sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Pendekatan ProblemPosing dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game-Tournament (TGT) (1) secara signifikan mengalami peningkatan pada hasil belajar matematika dengan tingkat kepercayaan 95%, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,00 yang berarti lebih kecil dari 0,05. (2) Terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar matematika antara pembelajaran yang menerapkan pendekatan problem posing dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dibanding pembelajaran yang menerapkan pendekatan problem posing dengan metode konvensional dengan tingkat kepercayaan 95%, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,005 yang berarti lebih kecil dari 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : 1. Drs. H. Edi Prajitno, M.Pd. 2. Suparni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Problem Posing, Model Kooperatif Tipe Team-Game- Tournament (TGT)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 22 Mar 2013 10:28
Last Modified: 14 Dec 2016 08:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5832

Actions (login required)

View Item View Item