IMPLEMENTASI E- LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH YASTAMAS CEPU-BLORA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

CHAFIDLOH RIZQIYAH - NIM. 07420036 , (2011) IMPLEMENTASI E- LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH YASTAMAS CEPU-BLORA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI E- LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH YASTAMAS CEPU-BLORA TAHUN PELAJARAN 2010/2011 )
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (972kB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI E- LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH YASTAMAS CEPU-BLORA TAHUN PELAJARAN 2010/2011 )
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)

Abstract

Dalam proses belajar anak harus diposisikan sebagai subjek dan bukanlah objek dan sebaiknya anak belajar atas inisiatif diri sendiri yang pastinya tidak terlepas dari bimbingan orang tua. Bila dalam proses belajar, si anak menjadi objek maka yang banyak melakukan intervensi adalah pendidik, sedangkan si anak hanya dijadikan sebagai robot yang terlalu banyak diarahkan oleh pendidik. Sehingga diperlukan oleh guru upaya untuk mencari inovasi yang benar dalam pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang harus dicapai oleh siswa. Proses belajar tidak lagi cukup hanya mengandalkan metode pengajaran konvensional (ceramah/guru lebih banyak berbicara sementara murid hanya mendengarkan) sehingga materi yang diajarkan menjadi verbal atau hafalan. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bagaimana proses pembelajaan e-learning dalam bahasa Arab dan adakah peningkatan minat belajar bahasa Arab siswa setelah menggunkan e-learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Arab dan siswa-siswi kelas XI (menggunkan teknik populasi). Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Dari hasil penelitian berdasarkan latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian serta insrumen diatas baik pada siklus I dan II menunjukan bahwa proses e-learning di MA Yastamas baik, karena sudah sesuai dengan prosedur yaitu (1) guru mampu menjelaskan tujuan pembelajan e-learning bahwa dalam pembelajaran interaksi antara siswa dan guru dilakukan secara online pada sebuah situs yaitu pembelajaran.mdl.gnomio.com dan siswa membentuk kelompok yang masing-masing terdiri dari dua siswa. (2) Siswa mampu menggunakan situs elearning yaitu pembelajaran.mdl.gnomio.com. (3) Siswa mampu mempresentasikan hasil kelompoknya dengan baik. (4) Guru mampu mendiagnosikan kesulitan siswa. (5) Siswa mampu membuat kesimpulan dan rangkuman dengan bantuan guru. Sehingga mampu meningkatkan minat belajar bahasa Arab diatas 70%. Dengan demikian dengan pembelajaran e-learning yang diterapkan secara sistematis dan juga alokasi waktu yang tepat, terencana dan teratur membuat proses belajar mengajar siswa berpusat pada siswa itu sendiri dan tidak lagi berpusat pada guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Nurhadi, M.A.
Uncontrolled Keywords: E-Learning , Minat Belajar
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 12 Feb 2013 18:16
Last Modified: 05 Apr 2017 14:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5839

Actions (login required)

View Item View Item