PEMANFAATAN KOLEKSI DI PERPUSTAKAAN SARI ILMU OLEH SISWA SD N TEGALMULYO YOGYAKARTA

RIMA SETYA NUGRAHENI - NIM. 08141062, (2011) PEMANFAATAN KOLEKSI DI PERPUSTAKAAN SARI ILMU OLEH SISWA SD N TEGALMULYO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PEMANFAATAN KOLEKSI DI PERPUSTAKAAN “SARI ILMU” OLEH SISWA SD N TEGALMULYO YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (699kB) | Preview
[img] Text (PEMANFAATAN KOLEKSI DI PERPUSTAKAAN “SARI ILMU” OLEH SISWA SD N TEGALMULYO YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana para siswa memanfaatkan koleksi di Perpustakaan Sari ilmu SD N Tegalmulyo Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan dalam bidang ilmu perpustakaan, terutama dalam hal pemahaman karakteristik pengguna. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi dan angket. Untuk teknik pengambilan sampel menggunakan stratified Propotional Random Sampling. Dalam penelitian ini penyusun mempunyai alasan bahwa kekuatan koleksi merupakan daya tarik bagi pengguna, sehingga semakin banyak dan lengkap koleksi yang dibaca dan dipinjam, maka tinggi intensitas sirkulasi buku serta makin besar perpindahan informasinya (Sutarno NS, 2003: 109). Hasil dari penelitian ini secara keseluruhan adalah sejauh mana para siswa memanfaatkan koleksi di perpustakaan Sari Ilmu SD N Tegalmulyo Yogyakarta dalam kategoti tinggi (73%). Pada indikator motif 80%, yaitu motif intensitas kunjungan pengguna. Pada indikator kebutuhan sebesar 58% yaitu pada kebutuhan koleksi non fiksi. Pada indikator kelengkapan koleksi sebesar 46% yaitu responden menyatakan lengkap. Pada indikator ketersediaan fasilitas penelusuran informasi sebesar 53% yaitu responden menyatakan katalog yang disediakan lengkap, dan sebesar 50% yaitu responden menyatakan pengaturan koleksi baik. Dan pada indikator ketrampilan petugas perpustakaan dalam memberikan pelayanan sebesar 53% yaitu responden menyatakan sangat baik. Hasil dari penelitian ini merekomendasikan kepada pihak sekolah maupun orang tua untuk lebih memperhatikan minat baca siswa dan memberikan waktu khusus sehingga siswa dapat memanfaatakan koleksi perpustakaan seoptimal mungkin untuk menunjang proses belajar mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs. Lasa Hs, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan koleksi, Perpustakaan sekolah
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2013 15:05
Last Modified: 13 Oct 2015 02:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5890

Actions (login required)

View Item View Item