IMPLEMENTASI BIMBINGAN KARIR PADA SISWA SMK TATA BUSANA (Studi di SMK Ma’arif Al- Munawwir Krapyak Sewon Bantul Yogyakarta)

DEWI KRISTINA - NIM. 07220052, (2011) IMPLEMENTASI BIMBINGAN KARIR PADA SISWA SMK TATA BUSANA (Studi di SMK Ma’arif Al- Munawwir Krapyak Sewon Bantul Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI BIMBINGAN KARIR PADA SISWA SMK TATA BUSANA (Studi di SMK Ma’arif Al- Munawwir Krapyak Sewon Bantul Yogyakarta))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (468kB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI BIMBINGAN KARIR PADA SISWA SMK TATA BUSANA (Studi di SMK Ma’arif Al- Munawwir Krapyak Sewon Bantul Yogyakarta))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

Latar Belakang masalah penelitian ini adalah arus globalisasi yang memiliki pengaruh yang kompleks. Siswa yang tidak dapat memahami potensi yang dimiliki, diduga tidak akan dapat menentukan berbagai macam pilihan karir dan akhirnya akan mengalami masalah. Siswa SMK khususnya akan dihadapkan pada berbagai macam kemungkinan pilihan hidup yang rumit, seperti pilihan untuk melanjutkan studi, pilihan tentang dunia kerja dan pilihan tentang pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan, bakat dan minat, yang semua ini menuntut kemandirian dalam menjatuhkan pilihannya. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian ini untuk mengantarkan siswa ke gerbang masa depan (pendidikan dan pekerjaan) yang diharapkan. Penelitian ini bersifat kualitatif, dengan mengambil SMK Ma'arif Al-Munawwir Krapyak Sewon Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, interview, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan terhadap pelaksanaan bimbingan karir yang dicanangkan di sekolah yang merupakan wadah yang tepat untuk itu. Melalui kegiatan bimbingan karir, siswa dibekali dan dilatih dengan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan apa, mengapa dan bagaimana merencanakan masa depan. Artinya siswa mulai dari kelas satu sampai tamat SMK dilatih dan dibimbing untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan bagaimana merencanakan karir sepanjang hidup. Hasil penelitian ini dapat dilihat bahwa layanan bimbingan karir di SMK tata busana Ma'arif Al-Munawwir Krapyak Sewon Bantul Yogyakarta yaitu meliputi layanan orientasi, layanan informasi dan layanan penempatan kemudian diasumsikan untuk dapat menyiapkan masa depan bagi siswa dengan baik karena siswa dibekali dengan sejumlah informasi karir yang akan dipilihnya. Informasi yang cukup dan tepat tentang seseorang individu, merupakan aset bagi individu yang bersangkutan untuk memahami faktor-faktor yang ada pada dirinya, baik faktor kekuatan maupun faktor kelemahan-kelemahannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs. Abror Sodik, M.Si.
Uncontrolled Keywords: bimbingan karir, layanan BK, tata busana
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 12 Feb 2013 17:31
Last Modified: 12 Feb 2013 17:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5911

Actions (login required)

View Item View Item