UPAYA GURU BK DALAM MENGATASI PELANGGARAN TATA TERTIB SEKOLAH BAGI SISWA YANG BERMASALAH DI MTS ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA

Downloads

Downloads per month over past year

HURIYAH - NIM. 07220034, (2011) UPAYA GURU BK DALAM MENGATASI PELANGGARAN TATA TERTIB SEKOLAH BAGI SISWA YANG BERMASALAH DI MTS ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (768Kb)
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232Kb)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0b)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0b)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0b)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0b)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0b)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0b)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0b)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0b)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt

Download (0b)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt
Restricted to Repository staff only

Download (0b)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pelanggaran siswa terhadap tata tertib sekolah yang merasa terganggu dengan perilaku siswa yang melanggar tata tertib sekolah sehingga masalah yang menarik untuk dijadikan penulis sebagai judul penelitian, karena hal ini berkaitan dengan kelancaran proses belajar mengajar dan keberhasilan belajar siswa, dalam hal ini guru BK sangat diperlukan untuk mengatasi siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar dan membantu memecahkan masalah siswa yang sedang dihadapi, guru BK juga menangani siswa yang melanggar tata tertib sekolah dengan memberi bimbingan dan konseling. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis bentukbentuk pelanggaran siswa terhadap tata tertib sekolah di MTs Ali Maksum, juga mendeskripsikan dan menganalisis upaya guru BK dalam mengatasinya di MTs Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Untuk mencapai tujuan tersebut penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengambilan data yang dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah bahwa setelah mendapatkan bimbingan dan konseling dari guru BK siswa tidak lagi mengulangi pelanggaran tata tertib sekolah baik pelanggaran ringan, sedang maupun berat. Adapun pelanggaran ringan adalah pelanggaran yang merugikan sendiri tanpa merugikan orang lain, bentuknya adalah terlambat sekolah, tidak memakai seragam dengan ketentuan dan ramput tidak rapi (gondrong), dan pelanggaran sedang adalah mulai terasa akibat negatif, baik kepada diri sendiri maupun orang lain, bentuknya adalah membawa HP/MP3 di sekolah, membuat gaduh di kelas saat jam kosong atau peralihan mata pelajaran, membawa komik atau novel di kelas. Sedangkan pelanggaran berat adalah merugikan baik kepada diri sendiri maupun kepada orang lain sudah mengarah pada perbuatan hukum bentuknya adalah tanpa keterangan (alfa) selama 40 hari. Adapun upaya yang dilakukan oleh guru BK adalah pemanggilan, pengarahan, bimbingan, pemberian sanksi dan kerjasama kepada semua pihak. Adapun hasil dari bimbingan konseling adalah siswa menjadi lebih baik dalam mentaati tata tertib sekolah, siswa tidak membawa HP/MP3 di sekolah, siswa tidak membuat gaduh di kelas saat jam kosong atau peralihan mata pelajaran, siswa tidak lagi membawa komik atau novel di kelas atau di sekolah, siswa menjadi disiplin dan tidak lagi terlambat masuk kelas, siswa tidak lagi bolos sekolah, siswa memakai seragam dengan ketentuan jika siswa tidak memakai seragam sesuai ketentuan maka siswa izin terlebih dahulu dengan madrasah dan rambut siswa menjadi rapi. Disamping itu juga hasil dari upaya guru BK dalam mengatasi pelanggaran tata tertib sekolah adalah siswa lebih percaya diri, lebih tertib, siswa bisa menerapkan disiplin waktu. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Pembimbing: Abror Sodik, M.Si.
Uncontrolled Keywords: guru BK, pelanggaran tata tertib sekolah, siswa yang bermasalah
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Users 1 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2013 13:37
Last Modified: 24 Jul 2013 13:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5917

Actions (login required)

View Item View Item