EVALUASI KINERJA ZAKAT (Studi Kasus Manajemen Evaluasi di Rumah Zakat Cabang Yogyakarta)

ISWATUL KHAIRAH - NIM. 07240015, (2011) EVALUASI KINERJA ZAKAT (Studi Kasus Manajemen Evaluasi di Rumah Zakat Cabang Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EVALUASI KINERJA ZAKAT (Studi Kasus Manajemen Evaluasi di Rumah Zakat Cabang Yogyakarta))
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (517kB) | Preview
[img] Text (EVALUASI KINERJA ZAKAT (Studi Kasus Manajemen Evaluasi di Rumah Zakat Cabang Yogyakarta))
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)

Abstract

Potensi zakat di Indonesia sesungguhnya sangat besar. Bahkan sebuah penelitian memperkirakan potensi zakat di Indonesia sebesar Rp.7,5 triliun. Namun, kenyataannya, dana zakat ditambah dengan infak, shadaqah serta wakaf yang sudah berhasil dihimpun oleh Lembaga Pengelola Zakat (LPZ) baru berkisar Rp. 200 milyar per tahun. Itu artinya penghimpunan zakat baru mencapai 2.67 persen dari potensi yang ada. Ada beberapa hal yang memang masih menjadi persoalan dalam pengelolaan zakat. Diantaranya adalah penghimpunan zakat yang masih berciri tradisional dan sadar zakat pada masyarakat. Dengan sistem pengelolaan yang masih terbatas dan tradisional, sulit untuk mengetahui berapa sebenarnya jumlah zakat yang telah dihimpun. Dan banyaknya masyarakat yang belum memanfaatkan lembaga zakat menunjukkan bahwa disatu sisi kesadaran masyarakat akan pentingnya manajemen zakat yang dilakukan oleh lembaga zakat masih relatif rendah. Disisi lain menunjukkan bahwa kepercayaan dan pengetahuan masyarakat terhadap lembaga zakat masih kurang. Ini bisa jadi karena kurangnya sosialisasi lembaga-lembaga zakat. Sehingga ini menjadi tantangan untuk meningkatkan kinerja dan menjadi pertanyaan apakah selama ini telah dilakukan evaluasi terhadap kinerja lembaga zakat. Melihat fenomena di atas, hadirnya manajemen zakat yang baik dan benar menjadi niscaya. Bahkan, dalam Undang-Undang No.38 Tahun 1999 dinyatakan bahwa Pengelolaan zakat adalah kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan terhadap pengumpulan dan pendistribusian serta pendayagunaan zakat . Agar Lembaga/Badan Pengelola Zakat khusunya Rumah Zakat cabang Yogyakarta dapat berdaya guna, maka manajemennya harus berjalan dengan baik. Dalam hal ini, berkaitan langsung dengan studi analisis sistem eveluasi kinerja zakat. Penelitian ini menggunakan metode analisi kualitatif untuk membahas secara detail sistem evaluasi kinerja Rumah Zakat cabang Yogykarta. Subyek penelitian ini adalah Manajer dan karyawan RZ cabang Yogyakarta. Metode yang dipakai adalah metode interview, metode tersebut wawancara langsung Manajer dan karyawan RZ Cabang Yogyakarta. Observasi dilakukan dengan cara pengamatan langsung selama kurang lebih dua bulan. Dokumentasi digunakan dengan cara pengambilan gambar dan dokumen yang mengacu pada penerapan evaluasi kinerja zakat di RZ cabang Yogyakarta. Hasil penelitian yang diperoleh: Rumah Zakat cabang Yogyakarta memakai unsur-unsur yang terdapat dalam evaluasi kinerja, yaitu, kesetiaan, prestasi kerja, tanggungjawab, kejujuran, kerjasama, dan kepemimpinan. Walaupun belum menyeluruh, seperti kurangnya standar evaluasi terhadap evaluasi karakteristik. Metode evaluasi adalah merit-rating, yang mana manajer dituntut untuk lebih mengetahui karakteristik kepribadian dan pekerjaan karyawan, dan tujuan evaluasi teraplikasikan sesuai dengan keadaan dan kebutuhan Rumah Zakat cabang Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: 1. Drs. H. Hasan Baihaqi AF., M. Pd. 2. Achmad Muhammad, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: evaluasi kinerja zakat, manajemen evaluasi, Rumah Zakat
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 07 Feb 2013 18:54
Last Modified: 12 Jan 2017 14:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5919

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum