UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN SISWA DI SMP N 1 SANDEN BANTUL YOGYAKARTA

MUFTIHATUR RODLIYAH - NIM. 07220017, (2011) UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN SISWA DI SMP N 1 SANDEN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru bimbingan dan koseling dalam membentuk kepribadian siswa di SMP N 1 Sanden Bantul Yogyakarta dan juga untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan kepribadian tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan secara langsung terhadap obyek yang diteliti untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan dan berkaitan dengan rumusan masalah. Sumber data penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling di SMP N 1 Sanden dan sumber data lain yang berfungsi untuk melengkapi data yang telah diperoleh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan beberapa metode yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu mengolah data yang telah diperoleh selama penelitian serta memberikan interpretasi terhadap data itu ke dalam suatu kebulatan yang utuh dengan menggunakan kata-kata sehingga dapat menggambarkan obyek penelitian saat dilakukannya penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan:1) Upaya guru bimbingan dan konseling di SMP N 1 Sanden adalah dengan keteladanan, pembiasaan, nasehat, penciptaan peraturan, pengawasan, pemberian layanan orientasi, dan layanan bimbingan bagi para siswa. 2) Faktor pendukung dalam pembentukan kepribadian di SMP N 1 Sanden yaitu: adanya kerjasama yang baik antara guru bimbingan dan konseling dengan pihak yang terkait, adanya kesadaran dari sebagian siswa untuk berkonsultasi, adanya peraturan sekolah yang mengikat, adanya kesadaran para siswa untuk mengikuti kegiatan yang positif, adanya kebiasaan-kebiasaan di SMP N 1 Sanden yang sangat mendukung pembentukan kepribadian siswa. 3) Faktor penghambat dalam pembentukan kepribadian di SMP N 1 Sanden yaitu: pihak sekolah dalam hal ini terutama guru bimbingan dan konseling tidak bisa mengawasi siswa diluar jam sekolah, kurangnya pengetahuan guru bimbingan dan konseling, sarana dan fasilitas yang belum memadai, kurangnya kesadaran dari siswa untuk berkonsultasi, kurangnya pengawasan sebagian orang tua terhadap perkembangan anaknya. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Nailul Falah, S.Ag, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru BK, Kepribadian siswa
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5930

Actions (login required)

View Item View Item