USAHA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK TUNARUNGU DI SEKOLAH LUAR BIASA B WIYATA DHARMA 1 TEMPEL

UDI NURI ASTUTI, NIM. 06230017 (2011) USAHA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK TUNARUNGU DI SEKOLAH LUAR BIASA B WIYATA DHARMA 1 TEMPEL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text ( USAHA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK TUNARUNGU DI SEKOLAH LUAR BIASA B WIYATA DHARMA 1 TEMPEL)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text ( USAHA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK TUNARUNGU DI SEKOLAH LUAR BIASA B WIYATA DHARMA 1 TEMPEL)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Sekolah Luar Biasa B Wiyata Dharma 1 Tempel adalah suatu lembaga pendidikan formal yang mendidik anak-anak berkebutuhan khusus. Sekolah ini dikhususkan untuk anak-anak berkelainan dengan kategori berkelainan dalam bidang pendengaran atau dikenal dengan anak tuna rungu. Lembaga pendidikan ini bertujuan untuk mendidik mereka yang memiliki kekurangan dalam bidang pendengaran supaya bisa mengakses pendidikan formal seperti anak-anak normal pada umumnya. Dengan di dirikannya lembaga ini diharapkan anak tuna rungu bisa mengembangkan bakat dan kemampuan mereka sehingga mereka bisa menerima keadaan dan berbaur bersama masyarakat dengan kondisi yang menyertainya. Objek penelitian didasari pada permasalahan yang sedang diteliti yaitu Usaha Meningkatkan Kemandirian Siswa Tuna Rungu Di Sekolah Luar Biasa B Wiyata Dharma 1 Tempel. Subjek penelitian merupakan sumber peneliti untuk mendapatkan data-data yang berhubungan dalam penelitian ini. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan, sedang Metode pengumpulan data yang digunakan adalah: observasi, wawancara (Interview), dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Analisis Deskriptifkualitatif. Pendidikan ketrampilan yang ajarkan di Sekolah Luar Biasa B Wiyata Dharma 1 Tempel adalah ketrampilan menjahit, boga, potong rambut, dan perkayuan. Usaha untuk meningkatkan kemandirian siswa yang dilakukan SLB B sudah maksimal karena selain memberikan ketrampilan menjahit dan boga pada waktu siswa masih sekolah, SLB B juga memberikan waktu magang selama 1 tahun kepada setiap siswa. Siswa juga mendapatkan sertifikat sehingga setelah lulus mereka bisa membuka usaha dirumah atau bekerja ditempat lain sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Aziz Muslim, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: kemandirian anak tunarungu, SLB B
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 Jan 2015 14:00
Last Modified: 26 Nov 2015 11:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5948

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum